Friday, May 26, 2017

7 Jenis ikan Konsumsi yang sering dibudidayakan di Indonesia

Banyaknya jenis ikan yang ada di indonesia terutama ikan air tawar menjadikan Indonesia salahsatu negara yang mempunyai jumlah varian ikan... thumbnail 1 summary

Banyaknya jenis ikan yang ada di indonesia terutama ikan air tawar menjadikan Indonesia salahsatu negara yang mempunyai jumlah varian ikan terbanyak. dengan banyaknya ikan yang ada ada beberapa jenis ikan yang sering kita temui untuk dibudidayakan.


7 Jenis ikan Konsumsi yang sering dibudidayakan di Indonesia
Dari jenis ikan yang sering dibudidayakan terlebih dahulu memperhitungkan umur ikan, kualitas ikan, harga ikan dan kebutuhan akan ikan tersebut, dari beberapa aspek diatas tadi, blog sampulpertanian akan merangkum beberapa ikan konsumsi yang sering dibudidayakan oleh petani, adapun diantaranya.

1. Ikan Mas

Ikan mas menjadi ikan air tawar pertama yang sering kita temui untuk dibudidayakan, alasan untuk dijadikan ikan ini sebagai ikan budidaya karena kebutuhan masyarakat akan ikan ini cukup tinggi selain dari itu umur ikan cenderung singkat untuk dipanen sekitar 3-4 bulan ikan mas sudah siap dipanen.

2. Ikan lele

Ikan lele merupakan ikan air tawar yang sering dibudidayakan oleh petani selanjutnya, kebutuhan ikan lele dipasaran cukup tinggi sehingga petani banyak yang membudidayakan ikan berkumis ini, selain dari itu untuk budidaya ikan lele tidak perlu membutuhkan kolah yang luas, cukup dengan menggunakan terpal saja sudah bisa. ikan lele siap dipanen bisa sesuai ukuran 1-4 bulan

3. Ikan Nila

Sama halnya dengan ikan mas, kebutuhan terhadap ikan nila pun cukup tinggi, selain masyarakat umum ikan nila ini bisa masuk ke restoran-restoran terutama untuk jenis ikan nila merah. ikan ini bisa dipanen dikisaran umur 3-4 bulanan.

4. Ikan Mujair

Ikan yang dikenal dengan dagingnya yang lembut ini cukup banyak peminatnya dipasaran, sehingga ika ikan sering sekali dijadikan ikan yang sering dibudidayakan oleh petani, sama dengan jenis ikan budidaya lainnya, ikan mujair siap dipanen sekitar 3-4 bulan

5. Ikan Patin

Salahsatu ikan favorit untuk dibudidayakan adalah ikan patin, ikan yang dikenal dengan ukuran tubuhnya yang cukup besar dan daging yang lembut menjadikan ikan ini sering kita temui sebagai ikan budidaya, ikan patin sendiri sudah bisa dipanen berumur 4-6 Bulan.

6. Ikan Gurame

Berbeda dengan jenis ikan lainnya yang sering dibudidayakan yang cenderung mempunyai umur yang cukup singkat, ikan gurame malah mempunyai umur yang cukup lama untuk siap dipanen, diketahui bahwa umur ikan gurame siap dipanen sekitar 8-10 bulanan, namun walaupun mempunyai umur yang cukup panjang ikan ini mempunyai nilai jual yang tinggi jika dibandingkan dengan jenis ikan budidaya lainnya.

7. Ikan Bawal

Ikan yang dikenal sebagai ikan karnivora ini juga sering kita temui sebagai ikan budidaya, selain untuk dijadikan ikan konsumsi ikan bawalpun sering dijumpai sebagai ikan hias seperti ikan patin karena bentuk ikan bawal ini hampir menyerupai bentuk ikan piranha yang ada di sungai Amazon. ikan bawal siap dipanen dikisaran umur 3-4 Bulanan

Sebenarnya masih banyak jenis ikan lainnya yang dibudidayakan oleh petani namun blog sampulpertanian hanya merangkum 7 jenis ikan saja, Demikian artikel tentang 7 Jenis ikan Konsumsi yang sering dibudidayakan di Indonesia, semoga artikel ini bisa membantu anda untuk memilih ikan mana yang cocok untuk anda budidayakan. semoga bermanfaat.

No comments

Post a Comment