Friday, May 26, 2017

7 Bahan makanan alternatif pengganti Beras atau Nasi sebagai makanan pokok

Sebagai negara yang subur dan makmur Indonesia dianugerahi berbagai jenis tanaman yang mampu tumbuh diberbagai tempatnya, tidak terkecuali... thumbnail 1 summary

Sebagai negara yang subur dan makmur Indonesia dianugerahi berbagai jenis tanaman yang mampu tumbuh diberbagai tempatnya, tidak terkecuali untuk tanaman pokok atau tanaman yang berkarbohidrat tinggi, salahsatu bahan makanan yang berkarbohidrat tinggi adalah beras atau nasi.


Bahan makanan alternatif pengganti Beras atau Nasi
Di Indonesia beras atau nasi menjadi bahan pokok yang sangat diutamakan posisinya, oleh karena itu banyak program pemerintah yang menuju agar Indonesia berswasembada beras, namun ternyata selain beras masih ada bahan yang bisa dijadikan sebagai alternatifnya, adapun bahan makanan alternatif pengganti beras atau nasi sebagai berikut,

1. Jagung (Zea mays)

Tanaman yang mempunyai nama latin Zea mays ini merupakan salahsatu tanaman yang bisa dijadikan bahan makana alternatif pengganti nasi, bahkan menurut data per 100 gram, jagung memiliki jumlah karbohidrat yang juah lebih tinggi yakni 74 gram jika dibandingkan nasi yang hanya 28 gram.

2. Singkong (Manihot esculenta)

Selanjutnya bahan makanan alternatif pengganti nasi atau beras adalah Singkong, singkon sejak dahulu tepatnya zaman penjajahan merupakan makanan pokok pribumi sehingga singkong sudah sangat dikenal dikalangan masyarakat, jumlah karbohidratnyapun lebih tinggi dari nasi ykni sekitar 38 gram/100gram singkong.

3. Sagu (Metroxylon sagu Rottb.)

Sudah sejak lama sagu dijadikan bahan makanan pokok terutama didaerah papua, pohon yang mempunyai nama latin  Metroxylon sagu Rottb. Sebelum bisa dikonsumsi pohon sagu haruslah sudah berumur 3-5 tahun, sagu diolah menjadi bapeda yang disantap dengan ikan kuah kuning menjadi lebih terasa nikmat.

4. Ubi jalar (Ipomoea batatas)

Sama halnya dengan tanaman singkong, ubi jalar pun dikenal sebagai bahan makanan pokok pengganti beras, cara mengolah tanaman ini yakni diambil umbinya cukup dengan dikukus ubi jalarpun siap disajikan, jumlah karbohidrat dari ubi jalar sekitar 20 gram.

5. Kentang (Solanum tuberosum)

Kentang merupakan bahan makanan alternatif selanjutnya untuk pengganti beras, walau kentang ini mempunyai jumlah karbohidarat yang lebih rendah daripada nasi yakni hanya 17 gram, namun kentang bisa membuat perut kita cukup terisi dengan penuh.

6. Gandum (Triticum)

Gandum mungkin sebagian orang masih terasa asing, namun tanaman gandum bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti beras, karena karbohidrat yang terkandung didalam gandum cukup tinggi yakni 71 gram setiap 100gram gandum

7. Oats (Avena sativa)

Sama halnya dengan gandum, Oats juga masih terasa asing, oats sendiri sejenis biji-bijian, selain bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat harian oats juga dipercaya dapat mencegah penyakit antung dan diabetes, kandungan karbohidrat oats sekitar 66 gram setiap 100gram.

Demikian bahan makanan alternatif pengganti beras yang bisa dikonsumsi anda, semoga artikel kali ini bisa menambah pengetahuan anda tentang bahan-bahan makanan yang bisa dijadikan sebagai pengganti nasi. akhir kata terima kasih dan terus kunjungi blog sampulpertanian dapatkan info menarik lainnya.

No comments

Post a Comment