Wednesday, May 3, 2017

17 Manfaat Jahe merah (Zingiber officinale) bagi tubuh kita

Jahe merupakan salahsatu jenis rempah-rempah yang sering kita jumpai, pemanfaatan jahe bisa sebagai bumbu masakan, jamu atau bahkan sebaga... thumbnail 1 summary

Jahe merupakan salahsatu jenis rempah-rempah yang sering kita jumpai, pemanfaatan jahe bisa sebagai bumbu masakan, jamu atau bahkan sebagai minuman penambah stamina, dari banyak jenis jahe yang ada didunia ini salahsatunya adalah jahe merah.


Jahe merah (Zingiber officinale)
Jahe merah mempunyai ciri khas tersendiri jika dibandingkan dengan jahe lainnya, ciri khasnya yakni mempunyai warna merah pada kulit rimpangnya, jahe merah disebut-sebut mempunyai manfaat lebih banyak karena kandungan yang terdapat didalam jahe merah dipercaya bisa mengobati beberapa penyakit.

Kandungan yang terdapat didalam jahe merah seperti minyak atsiri, pati, Oleoresin yang ternyata bermanfaat bagi tubuh kita, bahkan jahe merah mengandung ektrak yang larut didalam alkohol 9,93% lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis jahe lainnya.

Tanaman yang mempunyai lama latin Zingiber officinale ini mempunyai rimpang yang lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis jahe lainnya dan mempunyai rasa yang lebih pedas, sehingga jenis jahe ini cocok untuk dijadikan ramuan herbal atau untuk bahan baku obat, adapun manfaat dari jahe merah adalah sebagai berikut,

Mengobati mual karena masuk angin

Rasa hangat yang ditimbulkan dari jahe merah membantu mengobati mual akibat masuk angin,dengan meminum ramuan dengan bahan baku jahe merah menjadikan perut menjadi hangat dan nyaman sehingga dapat mengurangi rasa mual.

Meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh

Dengan mengkonsumsi secara teratur membantu menjaga kekebalan tubuh dari radikal bebas yang ada diluar dan dengan meminum ramuan dengan bahan baku jahe merah dapat meningkatkan stamina kita sehingga tidak mudah lelah

Mengatasi mual pada ibu hamil

Rasa mual yang diakibatkan hamil dapat diatasi dengan meminum ramuan jahe merah, biasanya rasa mual yang ditimbulkan keluar pada pagi hari

Menurunkan berat badan

Dengan mengkonsumsi jahe merah secara teratur dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan, karena jahe merah dapat melebarkan pembuluh darah, kalori yang terkandung didalam jahe merah sangat sedikit.

Sebenarnya masih banyak manfaat lainnya dari jahe merah, seperti,

1. Mengobati rematik.
2. Menghilangkan rasa gatal pada tenggorokan.
3. Mengontrol gula darah.
4. Sistem peredaran darah bisa lancar.
5. Menghilangkan migraine atau sakit kepala sebelah.
6. Mengobati batuk.
7. Mempunyai anti peradangan.
8. Membantu Meringankan rasa nyeri saat haid.
9. Anti jerawat
10. Nafsu makan pada anak dapat ditingkatkan.
11. Melegakan pernafasan pada saat flu.
12. Mengobati ejakulasi.
13. Pengobatan kesehatan tulang.

Demikian tadi beberapa manfaat yang terdapat didalam jahe merah, dengan mengkonsumsi secara teratur membantu menjaga kesehatan tubuh kita, akhir kata semoga bermanfaat dan terima kasih.

1 comment