Friday, May 26, 2017

10 Jenis media tanam yang bisa digunakan didalam pot dan dilahan pertanian

Dalam teknik bercocok tanam hal yang terpenting adalah ketersediaannya media tanam, media tanam yang baik haruslah memenuhi syarat salahsa... thumbnail 1 summary

Dalam teknik bercocok tanam hal yang terpenting adalah ketersediaannya media tanam, media tanam yang baik haruslah memenuhi syarat salahsatunya adalah bisa tumbuhnya akaran tanaman didalam media tanam tersebut, dari banyaknya jenis media tanam yang ada, tanah merupakan media tanam yang sering digunakan.


Media tanam dengan Gel atau agar
Selain tanah sebagai media tanam, ternyata masih ada jenis media tanam yang bisa sebagai alternatif pengganti tanah baik itu berbahan organik maupun media tanam anorganik, adapun media tanam yang bisa digunakan selain tanah adalah sebagai berikut,

Media tanam Bahan Organik

1. Kompos

Sudah tidak asing lagi jika kompos dijadikan sebagai media tanam, selain mudah dibuat kompos juga menyediakan unsur hara yang melimpah, tekstur dari kompos sendiri yang gembur menjadikan akar tanaman mudah sekali untuk tumbuh. penggunaan kompos seringkali digunakan untuk tanaman hias ataupun tanaman lainnya.

2. Eceng

Eceng gondok merupakan media tanam selanjutnya, mungkin sebagian orang belum mengetahuinya namun media tanam menggunakan eceng gondok mengkin bisa jadi referensi anda karena menggunakan media eceng gondok menyediakan unsur hara yang tinggi, caranya kumpulkan eceng gondok kemudian biarkan membusuk hingga berwarna hitam selanjutnya bisa langsung dijadikan media tanam.

3. Arang sekam

Media tanam arang sekam ini sebaiknya dicampur dengan media lainnya seperti tanah dan pupuk kandang, karena jika hanya menggunakan arang sekam saja unsur hara yang tersedia sangat terbatas.

4. Pupuk kandang

Media tanam selanjutnya adalah menggunakan media pupuk kandang, pupuk kandang yang siap digunakan yakni pupuk kandang yang sudah membusuk, jika menggunakan pupuk kandang yang masih baru tanaman akan sedikit terganggu pertumbuhannya karena masih banyak menyimpan amoniak didalamnya.

5. Serbuk gergaji

Serbuk gergaji ini sering dijadikan media tanam terutama untuk media tanam jamur, serbuk gergaji cukup baik jika digunakan untuk jamur karena sifat yang menyerap dan menyimpan air yang cukup baik.

Media tanam bahan Anorganik

1. Spon atau busa

Media tanam dengan menggunakan spon atau busa akhir-akhir ini sedang naik, karena penggunaan media tanam dengan spon atau busa ini cukup sederhana dan bisa sebagai alternatif pengganti tanah, biasanya dipakai dalam teknik cocok tanam hidroponik.

2. Koran

Media tanam dengan koran bisa dijadikan alternatif lainnya, karena dengan menggunakan media koran bisa menyimpan air lebih lama, biasanya koran digunakan untuk teknik budidaya jamur.

3. Gel atau agar

Penggunaan Gel atau agar sebagai media tanam biasanya digunakan pada tanaman hias didalam ruangan, karena penggunaan gel tidak akan mengotori ruangan tersebut, gel yang mempunyai warna bermacam-macam menambah daya tarik dari  tanaman itu sendiri.

4. Bubuk bata

Penggunaak bubuk bata sebagai media tanam biasanya digunakan pada teknik hidroponik. penggunaan bubuk bata ini dikombinasikan pupuk cair sehingga kebutuhan unsur hara untuk tanaman bisa terpenuhi

5. Kerikil

Sama halnya dengan menggunakan media tanam bubuk bata, dengan menggunakan kerikil pun perlu ditambahkan unsur hara tambahan, agar tanaman bisa tumbuh dan berkembang.

Sebenarnya masih banyak jenis media tanam lainnya, namun media tanam yang diatas merupakan media tanam yang mudah untuk dipakai dan dicari disekitar kita, demikian artikel tentang jenis jenis media tanam yang bisa digunakan, semoga bermanfaat dan semoga bisa menambah pengetahuan anda. terima kasih.

No comments

Post a Comment