Monday, April 3, 2017

Ular sawah sebagai musuh alami dan sahabat petani

Ular, mungkin setiap orang akan merasa takut dan ngeri saat bertemu dengan ular, namun ada beberapa ular yang sangat membantu manusia teru... thumbnail 1 summary

Ular, mungkin setiap orang akan merasa takut dan ngeri saat bertemu dengan ular, namun ada beberapa ular yang sangat membantu manusia terutama bagi para petani, ya.. itu adalah ular sawah, ular sawah membantu petani dengan cara memangsa hama tikus yang ada di lahan pertanian para petani.


Ular sawah
Rasa takut para petani akan ular, seringkali ular sawah yang berada di lahan pertanian miliknya diusir atau bahkan dibunuh, dengan alasan sangat berbahaya. namun menurut beberapa artikel, ular sawah akan menyerang manusia jika dalam keadaan terganggu dan terancam.

Ular sawah biasanya membuat sarang dengan cara membuat lubang di pematang-pematang sawah, atau diam di sela-sela bebatuan di penggir aliran sungan atau perairan, lubang ular sawah hampir mirip seperti lubang belut ataupun lubang kepiting biasanya lubang ular sawah berdiameter 3-5cm tergantu ukuran ular sawah tersebut.

Ular sawah merupakan hewan yang tergolong hewan nokturnal atau hewan yang berburu dimalam hari, ada juga ular sawah keluar untuk berburu disiang hari namun hal tersebut sangat jarang terjadi, ular sawah lebih sering bersembunyi dilubang atau disela-sela bebatuan dibandingkan dengan berburu.

Ular sawah memburu atau memangsa hama tikus yang berada di lahan pertanian dengan cara menggigit dan melilit hingga mangsa kehabisan oksigen dan tidak berdaya, setelah mangsa dirasa sudah mati, ular sawah menelan secara utuh tikus  dengan perlahan. untuk 1 tikus yang ditelan mampu bertahan 1-2 minggu untuk mencernanya, tergantung ukurang mangsa ata ukuran dari ular sawah tersebut, selama masa itu ular sawah bersembunyi dilubang atau disela-sela batu.

No comments

Post a Comment