Saturday, April 22, 2017

Putri malu (Mimosa pudica) gulma lahan pertanian dan perkebunan

Tumbuhan putri malu adalah salahsatu tumbuhan yang dikategorikan kedalam jenis tumbuhan gulma dengan digolongkan kedalam anggota suku polo... thumbnail 1 summary

Tumbuhan putri malu adalah salahsatu tumbuhan yang dikategorikan kedalam jenis tumbuhan gulma dengan digolongkan kedalam anggota suku polong-polongan. Putri malu termasuk tanaman perdu yang berarti tanaman semak yang mempunyai tinggi kurang lebih 2 meter, tumbuhan ini mampu tumbuh diketinggian 2000 mdpl.


Putri malu (Mimos pudica)
Putri malu mudah sekali dikenali karena tumbuhan ini mempunyai sifat khas yakni, jika kita sentuh daun dari tumbuhan ini akan menciut atau layu dengan cepat, namun jika dibiarkan dalam beberapa menit daunnya akan kembali sedia kala.

Klasifikasi Putri malu

Tumbuhan yang mempunyai nama latin Mimosa pudica ini tergolong kedalam keluarga Fabaceae yang berati suku polong polongan, untuk lebih lengkap klasifikasi dari putri malu bisa dilihat dibawah ini,

Klasifikasi Putri malu
(Mimosa pudica)
Kingdom
Plantae
Divisi
Magnoliophyta
Kelas
Magnoliopsida
Ordo
Fabales
Famili
Fabaceae
Subfamili
Mimosoideae
Genus
Mimosa
Spesies
M. pudica

Morfologi Putri malu

Tumbuhan putri malu terbagi menjadi beberapa bagian, seperti daun, batang, bunga, akar, buah dan biji dengan morfologi sebagai berikut,

1. Daun
Putri malu mempunyai daun yang majemuk dan menyirip, daun dari tumbuhan ini berwarna hijau, jika terkena sentuhan daun ini akan menjadi kuncup ata layu dengan cepat, namun dalam beberapa menit daunnya akan kembali seperti semula.

2. Bunga
Bunga tumbuhan putri malu mempunyai warna merah muda dan mempunyai bentuk bulat seperti bola yang ditumbuhi bulu. bunga putri malu mempunya mahkota dan kelopak yang sangat kecil nyaris seperti rambut yang berwarna mrah muda

3. Batang
Batang tumbuhan ini ditumbuhi duri-duri kecil, selain dari itu batang putri malu berbentuk bulat dan ditumbuhi rambut diseluruh batangnya.

4. Akar
Akar tumbuhan putri malu sangat kuat mencengkram tanah, seringkali jika melakukan pengendalian dengan cara dicabut kita memerlukan alat untuk membersihkannya,.

5. Buah
Putri malu mempunyai buah yang berbentuk polong dan pipih seperti garis yang mempunyai ukuran sangat kecil jika dibandingkan dengan ukuran buah-buah tumbuhan lainnya.

6, Biji
Biji tumbuhan putri malu sangat kecil sama halnya ukuran buahnya, biji dengan berbentuk pipih seperti polong

Cara pengendalian

Pengendalian tumbuhan ini bisa cara penyemprotan herbisida ataupun dengan cara manual yakni dengan cara menggali dan mencabutnya, karena ditumbuhi duri untuk mencabut tumbuhan ini perlu menggunakan cangkul dan sarung tangan.

No comments

Post a Comment