Friday, April 28, 2017

Kelinci FG (Flemish Giant) mengenal dan mengetahui perbedaannya

Mengenal Kelinci FG ( Flemish Giant ) - Sempat saya berkunjung ke salahsatu peternakan kelinci yang berada di kota saya, ada beberapa jeni... thumbnail 1 summary

Mengenal Kelinci FG (Flemish Giant) - Sempat saya berkunjung ke salahsatu peternakan kelinci yang berada di kota saya, ada beberapa jenis kelinci yang dicoba diternakan disana, dari sekian banyak jenis kelinci yang ada, ada satu jenis kelinci yang membuat saya tertarik karena mempunyai bentuk fisik yang lebih besar jika dibanding kan jenis kelinci lainnya, setelah bertanya ternya kelinci tersebut adalah jenis kelinci Flemish Giant atau Jenis Kelinci FG.


Kelinci Flemish Giant atau Kelinci FG
Kali ini blog sampul pertanian akan sedikit berbagi tentang Kelinci Flemish Giant atau kelinci FG ini, dirasa penting karena jenis kelinci ini mempunyai harga yang cukup mahal jika dibandingkan dengan jenis kelinci lokal atau jenis kelinci lainnya, disebut-sebut untuk kelinci FG dewasa ini bisa mencapai harga Rp. 900.000 harga tersebut jauh jika dibandingkan harga kelinci lainnya.

Untuk mengenal jenis kelinci Flemish Giant atau para peternak sering menyebutnya dengan jenis kelinci FG ini mungkin cukup mudah bagi yang sudah lama berkecimpung dengan dunia kelinci namun bagi pemula yang ingin mencoba memelihara atau beternak kelinci, untuk membedakan jenis kelinci FG dengan kelinci lokal bisa jadi sedikit kesulitan, karena secara kasat mata bentuk dan fisik dari kedua jenis kelinci ini hampir sama.

Jika diperhatikan secara seksama ternyata jenis kelinci Flemish Giant ini mempunyai perbedaan mencolok jika dibandingkan kelinci lokal, namun sebelum kita mengetahui apasaja ciri-ciri yang membedakan kelinci FG ini lebih baik kita mengenal dari mana atau bagaimana kelinci ini tersebar

Kelinci jenis Flemis Giant disebut-sebut sebagai kelinci yang berasal dari negara Belgia tepatnya di kota Flanders, pada mulanya jenis kelinci FG diternakan pada abad 16an dengan tujuan sebagai konsumsi warga disana karena mempunyai daging yang tebal dan bulu yang lebat.

Seiring waktu jenis kelinci ini mulai terkenal dan mulai disebarluaskan didataran Eropa lainnya seperti di tanah Inggris raya, tidak lama kemudian kedua negara tersebut memperkenalkan jenis kelinci Flemish Giant didataran Amerika dan mulai menyebar dan disukai masyarakat untuk dijadikan peliharaan karena jenis kelinci ini cenderung jinak.


Ciri khas Kelinci FG (Flemish Giant)

Menurut penuturan para peternak kelinci untuk membedakan jenis kelinci FG (Flemish Giant) dan kelinci lokal bisa dilihat sebagai ciri-cirinya sebagai berikut,

1. Yang paling utama yakni, mempunyai ukuran badan yang cukup besar sesuai namanya Flemish Giant, jenis kelinci ini mempunyai ukuran berat badan minimal 6 - 12 Kg tergantung pada tempat dan pakan yang diberikan

2. Seiring ukuran berat badannya yang besar, panjang kelinci inipun bisa mencapai 50 Cm untuk ukuran kelinci dewasa, karena struktur dari tulang kelinci ini cukup besar dan panjang terutama pada tulang bandan dan kakinya.

3. Mempunyai telinga yang panjang dan lebih jika dibandingkan dengan kelinci lokal dengan menjulang keatas dengan ukuran panjang teling sekitar 10-15Cm, selain daripada itu kelinci ini mempunyai ukuran kepala yang agak lebar, besar dan sedikit lebih panjang

4. Kelinci jenis ini mempunyai warna yang unik yakni hanya mempunyai satu warna saja pada bagian tubuhnya, kecuali pada bagian perut bawah dan bagian telinga dalam. ada beberapa warna pada jenis kelinci ini diantaranya abu-abu, coklat, coklat kekuningan, putih dan warna lainnya.

5. Kelinci Flemis Giant atau kelinci FG ini mempunyai kulit dan bulu yang tebal jika dibandingkan dengan jenis kelinci yang lainnya.

6. Mempunyai sifat yang jinak, jadi jenis kelinci ini cocok sekali dijadikan peliharaan bagi anak-anak karena mempunyai sifat yang jinak dan cenderung penurut.

Demikian artikel tentang kelinci FG atau kelinci Flemish Giant, semoga artikel kali ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian yang ini berkecimpung didunia perkelincian, jika artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk like dan share, sekian dan terima kasih.

No comments

Post a Comment