Saturday, April 22, 2017

Inilah pakan atau makanan kelinci agar cepat besar dan baik untuk pencernaan

Pakan adalah faktor utama dalam memelihara kelinci, karena dengan pakan yang baik dan berkecukupan kelinic akan tumbuh dan berkembang deng... thumbnail 1 summary

Pakan adalah faktor utama dalam memelihara kelinci, karena dengan pakan yang baik dan berkecukupan kelinic akan tumbuh dan berkembang dengan baik, kelinci sendiri merupakan jenis golongan pemakan tumbuh-tumbuaan atau sering disebut herbivora.


Pakan yang baik untuk kelinci
Pakan yang bisa diberikan pada kelinci ada 2 jenis, yakni pakan buatan dan pakan alami, pakan buatan umumnya berbentuk voer atau pelet yang biasa dijual dipasaran atau dipaguyuban ternak kelinci, sedangkan pakan alami bisa berupa rumput-rumputan atau pun dedaunan. untuk pemberian pakan alami cenderung lebih mudah dan murah karena pemberian pakan secara alami kita hanya tinggal mengambil rerumputan di tanah tegalan atau dikebun. namun untuk pemberian pakan alami apakah baik untuk diberikan pada kelinci? kali ini blog sampul pertanian akan berbagi pakan alami yang baik untuk ternak kelinci, adapun diantaranya sebagai berikut,

Rumput untuk kelinci

1. Rumput Legetan

Rumput legetan atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan Synedrella Nodiflora, merupakan salahsatu rumput yang disukai oleh kelinci, selain daripada itu rumput legetan ini banyak sekali mengandung serta yang baik untuk pencernaan kelinci, untuk pemberian rumput ini sangat aman biberikan pada kelinci yang masih muda tanpa harus terganggu pencernaannya. rumput ini mudah ditemukan di tegalan-tegalan atau kebun-kebun

2. Babadotan atau bandotan

Sama halnya dengan rumput legetan, rumput babadotan ini juga mudah ditemukan di tegalan-tegalan atau diarea perkebunan, biasanya rumput ini dikategorikan gulma, namun untuk pakan kelinci rumput babadotan sangat baik diberikan, dengan kandungan serat yang tinggi membantu kesehatan pencernaan kelinci. namun untuk pemberian rumput ini dianjukan diberikan dicampur dengan rumput lainnya, karena kelinci kurang sekali menyukai rumput ini

3. Sintrong

Sintrong atau Crassocephalum crepidioides, ini salahsatu rumput yang direkomendasikan diberikan untuk kelinci, pemberian rumput sintrong ini haruslah sudah layu, karena banyak mengandung getah yang tinggi. selain dari pada itu rumput sintron juga bisa dikonsumsi hewan ternak lainnya.

4. Daun ubi

Daun ubi ini sangat disukai oleh kelinci, namun untuk pemberian daun ubi ini sebaiknya dilakukan setelah daun ubi terlihat layu, dengan tujuan menurunkan kadar air yang ada di dalam daunnya. jika diberikan secara lansung dikhawatirkan akan terjadi diare pada kelenci.

5. Kangkung

Kangkung adalah makanan yang disukai oleh kelinci, sama halnya pemberian daun ubi jalar, kangkung mempunyai kadar air yang tinggi jadi pemberiannya pun harus dilakukan setelah layu, dan pemberian kangkung jangan terlalu sering, pemberian kangkung dianjurkan sebagai selingan saja.

Tambahan : Pemberian pakan alami ini dianjurkan diberikan jika sudah layu, jangan diberikan dalam keadaan masih segar karena masih mengandung kadar air yang masih tinggi dikhawatirkan akan menyebabkan kelinci diare dan kembung.

Demikian pakan alami yang baik diberikan untuk kelinci, dengan pemberian pakan alami bisa lebih menghemat dan mudah didapat. semoga artikel tentanng pakan yang baik untuk kelinci bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang pakan untuk kelinci, akhir kata terima kasih.

No comments

Post a Comment