Wednesday, March 15, 2017

Tips hilangkan rasa pahit pada Pare atau Paria (Momordica charantia)

Kali ini blog sampulpertanian.com akan berbagi tips tentang cara menghilangkan atau mengurangi rasa pahit pada sayuran pare atau paria, a... thumbnail 1 summary

Kali ini blog sampulpertanian.com akan berbagi tips tentang cara menghilangkan atau mengurangi rasa pahit pada sayuran pare atau paria, alangkah baiknya kita sedikit mengenal terlebih dahulu tentang manfaat dan kandungan dari pare atau paria tersebut.


Pare atau Paria (Momordica charantia)
Pare atau paria adalah salahsatu tumbuhan yang merambat dan masih satu keluarga dengan mentimun, pare atau paria ini dikenal mempunyai buah dengan rasa yang sangat pahit, namun dibalik rasanya yang pahit tersimpan beberapa manfaat didalamnya. banyak artikel yang menyebutkan bahwa tanaman pare atau paria ini banyak sekali manfaatnya terutama untuk kesehatan kulit.

Kandungan gizinya pun pare atau paria ini tidak bisa dipandang sebelah mata, menurut arikel yang saya baca pare atau paria ini mempunyai kandungan gizi seperti Phyto Nutrien, Folat, Vitamin C, Flavanoid, Vitamin B kompleks dan serat yang sangat berguna bagi kesehatan kita.

Dengan kandungan yang sangat banyak dan baik bagi tubuh kita, pare atau paria menjadi alternatif sayuran untuk mengisi kebutuhan akan gizi pada tubuh kita, namun untuk mengkonsumsinya tersebut sayuran pare ini terkenal sekali dengan rasanya yang sangat pahit, lantas bagaimana cara mengurangi bahkan menghilangkan rasa pahit pada pare? berikut tips nya..

1. Rebus berulang kali

Teknik ini dipercaya dapat mengurangi bahkan menghilangkan rasa pahit yang ada di buah pare, terlebih dahulu siapkan pare yang akan dimasak, kemudian potong atau belah menjadi beberapa bagian, rebus dengan air yang mendidih stelah itu air rebusan buang dan ganti. setelah rasa pahitnya hilang pare atau paria siap untuk di masak

2. Menggunakan daun jambu biji

Daun jambu biji ini sangat banyak manfaatnya, selain untuk pengobatan bisa juga untuk menghilangkan rasa pahit pada buah pare, caranya petik beberapa helai daun jambu biji rebus bersama dengan pare selama kurang lebih 5 menit. setelah itu tiriskan dan siap dimasak sesuai selera

3. Gunakan Garam

Menggunakan garam untuk menghilangkan rasa pahit pada pare menjadi salahsatu solusinya, adapun caranya adalah sebagai berikut, pertama belah atau iris pare atau paria, kemudaian berikan garam secukupnya kemudaian aduk hingga merata, diamkan beberapam menit atau sekitar 10-15 menit, setelah itu cuci bersih dan tiriskan, pare atau pariapun siap untuk dimasak.

4. Gunakan Gula

Caranya sama dengan menggunakan gama untuk menghilangkan rasa pahit dari pare, yakni dengan di iris dan diberikan gula kemudian diaduk hingga merata dan diamkan beberapa menit, gula dapat membantu menghilangkan rasa pahit yang ditimbulkan dari buah pare atau paria tersebut.

Demikian tips menghilangkan atau mengurangi rasa pahit pada sayuran pare atau paria, untuk tips-tips yang lain dapat dilihat di blog sampulpertanian.com dengan kategori Tips. semoga bermanfaat..

No comments

Post a Comment