Friday, March 24, 2017

Tanam Sawi dalam Pot atau Polybag secara sederhana

Cara menanam sawi dalam pot sama halnya menanam tanaman sayuran lain dalam pot, hanya saja tanaman sawi bisa dipanen lebih cepat jika diba... thumbnail 1 summary

Cara menanam sawi dalam pot sama halnya menanam tanaman sayuran lain dalam pot, hanya saja tanaman sawi bisa dipanen lebih cepat jika dibandingkan tanaman sayuran lainnya seperti tomat dan terong. menanam sawi dalam pot bisa dilakukan siapa saja, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.


Cara menanam sawi didalam pot atau polybag
Sawi atau sayuran sawi terbilang sayuran yang sangat digemari masyarakat, banyak makanan yang menggunakan sayuran ini, seperti Capcay, mie ayam, tumis-tumisan ataupunmasakan lainnya. dengan banyaknya masakan yang berbahan dasar sawi kenapa kita tidak mencobanya menanam sendiri dipekarangan rumah, salahsatunya dengan menanam didalam pot.

Menanam tanaman sawi didalam pot harus memperhatikan beberapa hal seperti media tanam, ketersediaan air dan lain-lain, mari kita langsung saja membahasa tentang cara tanam sawi didalam pot.

1. Siapkan benih

Benih menjadi hal yang utama dalam menanam tanaman sawi ini, karena benih yang baik dapat meningkatkan kualitas dari tanaman sawi itu sendiri. benih sawi dapat dibeli di kios-kios saprotan terdekat dikota anda.

2. Media tanam

Media tanam dalam menanam tanaman sawi ini mempunyai perbandingan 2:1:1 yang diantaranya bahan organik, tanam dan sekam. media tanam tersebut dicampurkan menjadi satu kemudian dimasukan kedalam pot atau polybag, setelah itu biarkan dulu tanam didalam pot beberapa hari sekitar 2-3 hari setelah itu dilakukan penyemaian atau penanaman.

3. Penyemaian atau penanaman

Tanaman sawi bisa dilakukan penyemaian terlebih dahulu, setelah penyemaian kita bisa memisahkan atau memindahkan tanaman sawi muda kedalam pot atau polybag yang telah disediakan tadi. disarankan 1 pot atau polybag per satu tanaman agar tanaman bisa menyerap unsur hara bisa lebih maksimal dan dapat tumbuh lebih baik.

4. Perawatan dan pemupukan

Untuk perawatan tanaman sawi bisa dengan cara menyiramnya paling banyak 2 kali sehari dan dijika terdapat gulma pada pot atau polybag segera dilakukan penyiangan dengan cara mencabut satu persatu gulma yang tumbuh didalam pot atau polybag. Pemupukan tanaman sawi didalam pot cukp diberikan bahan organik seperti pupuk kompos atau bokhasi dengan cara ditabur atau dikocorkan. pengendalian tanaman sawi bisa dengan cara penyemprotan pestisida nabati, karena menghindari penggunaan pestisida kimia.

5. Panen

Tanaman sawi dapat dipanen pada umur 35-40 HST, tergantung pada varietas yang ditanam. cara pemanenan tanaman sawi ini cukup dengan cara dicabut saja, dan akarnya dipotong agar terlihat rapi saat dibawa atau saat diangkuta.

Cara menanam sawi didalam pot cukup mudah bukan? sekaligus bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk ibu-ibu untuk mengisi waktu luangnya. akhir kata saya ucapkan semoga bermanfaat dan terima kasih.

No comments

Post a Comment