Sunday, March 19, 2017

Salak atau Salacca zalacca (Mengenal manfaat dan kandungannya)

Banyak artikel yang menjelaskan tentang manfaat dari salak dan kandungan yang ada didalam buah salak, kali ini blog sampul pertanian men... thumbnail 1 summary

Banyak artikel yang menjelaskan tentang manfaat dari salak dan kandungan yang ada didalam buah salak, kali ini blog sampul pertanian mencoba mengingatkan kembali apa saja manfaat dari buah salak untuk kesehatan tubuh kita.


Salak atau Salacca zalacca
Sebelum melangkah jauh tentang buah salak, sebaiknya kita mengenal sedikit terlebih dahulu tentang salak itu sendiri, salak atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan nama Salacca  zalacca adalah salahsatu buah yang sangat digemari oleh masyarakat.

Tanaman salak tergolong kedalam sejenis tanaman palma atau tanaman yang mempunyai daun yang menyirip dan biji berkeping satu atau monokotil, salak diklasifikasikan kedalam keluarga Arecaceae dan digolongkan kedalam kelas Liliopsida, untuk lebih jelas klasifikasi dari buah salak bisa dilihat dibawah ini,

Klasifikasi tanaman Salak
(Salacca zalacca)
Kingdom
Plantae

Angiosperms

Monocots

Commelinids
Order
Arecales
Family
Arecaceae
Genus
Salacca
Species
S. zalacca

Buah salak atau Salacca zalacca mempunyai kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh dan kesehatan kita, dalam ukuran 100 gram buah salak terdapat kandungan Vitamin C 8,4 mg atu 10%, Calcium 3,4 mg, fospor 18 mg, zat besi 3.9, dan kalori 1,539 kj.

Dari banyak kandungan yang terdapat didalam buah salak terdapat juga Manfaat dari salak (Salacca zalacca) adapun manfaat dari buah salak adalah sebgai berikut,

1. Salak sebagai kesehatan mata

Buah salak dipercaya dapat membantu kesehatan dan pengobatan mata kita, karena didalam buah salak terdapat kandungan seperti beta-karoten yang sama dengan kandungan yang terdapat pada waortel.

2. Baik untuk diet

Kaum wanita yang sedang melakukan program diet, buah salak bisa jadi dimasukan kedalam menu diet nya, karena salak mengandung banyak kandungan serat dan vitamin juga terkandung fitonutrien yang dapat membantu kegiatan saat program diet anda.

3. Salak untuk obat diare

Manfaat selanjutnya dari buah salak adalah sebgai obat diare, sejak lama salak dipercaya sebagai obat diare yang alami, sehingga tidak mengakibatkan terjadinya efek samping saat mengkonsumsinya.

4. Baik untuk perkembangan otak

Kandungan sepeti Pektin dan lakium dalam buah salak membantu pertumbuhan dan perkembangan otak, seingga banyak yang merekomendasikan bahwa buah salah baik untuk otak

5. Mengurangi rasa mual saat hamil

Rasa mual yang diakibatkan saat proses kehamilan dapat dibantu diturunkan dengan mengkonsumsi buah salak, namun untuk mengkonsumsi buah salak jangan terlalu berlebihan sertakan beberpa protein alam seperti kacang-kacangan untuk memenuhi kebutuhan protein disaat hamil.

Demikan artikel tentang salak atau Salacca zalacca, diharapakan artikel kali ini dapat berguna untuk kita semua khususnya yang bergerak dibidang pertanian yang akan memulai budidaya salak dan berbisnis dengan salak.

No comments

Post a Comment