Tuesday, March 21, 2017

Perbedaan dan cara menghitung Produksi dan Produktivitas dalam Pertanian

Dalam dunia pertanian kita mengenal dengan istilah Produksi dan Produktivitas, lantas apa bedanya produksi dan produktivitas tersebut? pen... thumbnail 1 summary

Dalam dunia pertanian kita mengenal dengan istilah Produksi dan Produktivitas, lantas apa bedanya produksi dan produktivitas tersebut? pengertian produksi dan produktivitas sangat berkaitan dan biasanya digunakan untuk sebutan dari jumlah hasil atau target yang sudah didapat dari hasil panen.


Perbedaan  Produksi dan Produktivitas dalam Pertanian
Kedua kata tersebut seringkali kita tertukar dalam penyebutan dan penempatannya, oleh karena itu mari kita uraikan apa itu pengertian dari Produksi dan Produktivitas dalam dunia pertanian, adapun uraiannya dibawah ini.

Pengertian Produktivitas dalam pertanian

Pengertian Produktivitas dalam pertanian adalah hasil persatuan atau satu lahan yang panen dari seluruh luas lahan yang dipanen.

Contoh cara hitung produktivitas dalam pertanian

Pak Karsim mempunyai total lahan 5 hektar, lantas bagai mana cara hitung produktivitas dari lahan pertanian dari pak karsim? caranya bisa dengan menggunakan metode ubinan, dengan caranya sebagai berikut,
  1. Hitung jarak luasan panen atau luas ubinan 2,5m x 2,5m didapat luas ubinan 6,25m persegi
  2. Timbang hasil dari luasan ubinan tersebut
  3. Rumus ubinan/perkiraan produktivitas = hasil luasan ubinan x (1 hektar : luas ubinan) disederhanakan menjadi, hasil luasan ubinan sebanyak 4,5 kg x (10.000 m2 : 6,25 m2) atau 4,5 kg x 1.600 = 7.200 kg/Ha GKP
  4. Jadi hasil perkiraan produktivitas lahan pak Karsim adalah 7.200 kg/Hektar atau 7,2 ton/Hektar GKP (Gabah kering pungut)


Pengertian Produksi dalam pertanian

Pengertian Produksi dalam pertanian adalah hasil dari keseluruhan atau jumlah total lahan pertanian yang dipanen.

Contoh cara hitung produksi dalam pertanian

luas lahan pak karsim adalah 5 hektar, cara menghitung produksi dari panen lahan pak karsim dengan cara, luas lahan pertanian pak kasim x hasil produktivitas lahan pertanian pak karsim, dengan arti 5 hektar x 7,2 ton = 36 ton, maka jumlah produksi dari panen pak karsim seluruhnya adalah 36 ton.

Demikian pengertian dan cara menghitung produktivitas dan produksi dibidang pertanian, untuk lebih jelas bisa email kami di sampulpertanian@gmail.com atau bisa chat dikolom komentar dibawah postingan ini. semoga bermanfaat..

1 comment