Thursday, March 2, 2017

Penyakit BUSUK BATANG (Stem rot) pada tanaman padi

Penyakit busuk batang pada tanaman padi adalah salahsatu penyakit dari tanaman padi yang menyerang atau menginfeksi bagian batang tanaman.... thumbnail 1 summary

Penyakit busuk batang pada tanaman padi adalah salahsatu penyakit dari tanaman padi yang menyerang atau menginfeksi bagian batang tanaman. penyakit ini menyebabkan terjadinya kebusukan pada batang sehingga batang tanaman padi mudah roboh atau rebah walau tidak terkena hujan atau angi kencang sebelumnya.


Penyakit BUSUK BATANG (Stem rot)
Penyakit busuk batang atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan Stem rot menyerang pada tanaman padi dalam dua fase, yakni pada fase vegetatif disaat tanaman sedang dalam pertumbuhan anakan dan difase generatif pada saat pengisian bulir, hal ini dapat menyebabkan kehilangan hasil bisa mencapai 80%.

Gejala awal terjadinya penyakit busuk batang atau Stem rot ini adalah terjadinya bercak hitam disisi luar pelepah dibagian batang bawah oleh cendawan, hanya dalam beberapa hari bercak hitam tersebut bisa menyebar, jika dibiarkan cendawan yang tedapat didalam bercak hitam tersebut bisa menembus batang pada tanaman padi, setelah terserang total batang padi menjadi lemah, anakan akan berhenti tumbuh dan mengakibatkan tanaman akan roboh atau rebah walau tidak terkena hujan dan angin besar.

Cara pengendalian Busuk batang (Stem rot)


1. Lakukan penyemprotan dengan menggunakan pestisida jenis fungisida yang berbahan aktir difenokonazol

2. Lakukan pengelolaan air secara intermiten, jangan terlalu digenang dan sempatkan untuk pengeringan lahan

3. Jerami dan tunggul padi yang terkena penyakit busuk batang ini lakukan pembakaran, dengan tujuan agar penyakit tidak menyebar lagi ke tanaman baru dimusim depan

4. Lakukan pemupukan yang berimbang, dengan pemberian unsur K (Kalium) dapat menurunkan persentase infeksi yang ditularkan oleh cendawan busuk batang, dan gunakan pemupukan N (Nitrogen) sesuai anjuran.

Demikian uraian singkat tentang penyakit busuk batang (stem rot) pada tanaman padi, semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat. Terima kasih..

No comments

Post a Comment