Wednesday, March 1, 2017

Pencegahan dan Pengendalian hama orong orong atau hama gaang pada tanaman padi

Hama orong-orong atau orang sunda sering menyebutnya dengan hama gaang adalah salahsatu hama pada tanaman padi, sebenarnya serangan hama o... thumbnail 1 summary

Hama orong-orong atau orang sunda sering menyebutnya dengan hama gaang adalah salahsatu hama pada tanaman padi, sebenarnya serangan hama orong-orong tidak terlalu berbahaya jika dibandingkan hama wereng batang coklat dan penggerek batang, namun serangan hama hama orong-orong jika dibiarkan maka akan sama saja merugikan petani, karena tanaman yang ditanamnya akan mati dan sering melakukan penyulaman.


Pengendalian hama orong-orong
Sebelum mengetahui cara pencegahan dan pengendalian hama orong orong, terlebih dahulu kita mengenal sedikit tentang hama orong orong atau hama gaang ini, hama ini mampu bertelur sekitar 30-50 butir telur untuk setiap kelompok telur dan menetas diwaktu 14 hari, hama orong orong dewasa mampu hidup selama 6 bulan.
Hama orong orong atau hama gaang sering bersembunyi disela-sela tanah untuk bersembunyi dan sangat menghindari genangan air. hewan ini termasuk hewan yang nokturnal atau aktif mencari makan pada malam hari, serangan hama ini terhadap tanaman padi menyerang perakaran dan batang pada tanaman yang masih muda.

Cara Pencegahan dan Pengendalian hama orong orong atau hama gaang pada tanaman padi terbilang cukup sederhana dan bisa diikuti oleh kita dan para petani, adapun caranya adalah sebagai berikut,

1. Lakukan pengolahan lahan

Pengolahan lahan sangat diperlukan bagi tanaman padi, selain untuk membantu menggemburkan struktur pada tanah, ternyata pengolahan tanah yang baik juga dapat membunuh jumlah telur dari hama orong-orong atau hama gaang.

2. Pengairan berselang

Sama halnya dengan pengolahan lahan, pengairan berselang juga mampu mencegah hama orong orong untuk menyerang tanaman padi.

3. Penggunaan Insektisida

Penggunaan insektisida kimia diperlukan jika hama sudah diambang batas, penggunaan insektisida untuk pengendalian hama orong orong pilihlah insektisida dengan bahan aktif karbofuran dan diaplikasikan pada saat tanam, sedangkan 

Penggunaan dengan Pestisida nabati, Pertama siapkan bahan seperti kulit jengkol, tembakau dan akar tuba, selanjutnya siapkan alat berupa wadah bisa menggunakan panci, ember dll, penumbuk dan saringan. cara pembuatannya tumbuk semua bahan hingga halus, kemudian didihkan air dan masukan semua bahan setelah itu dinginkan kemudian saring dan siap digunakan.

4. Pemberian umpan beracun

Pemberian umpan beracun sangat sederhana dan mudah untuk dibuat adapun cara membuat umpannya adalah sebagai berikut, terlebihdahulu kita menyediakan bahan berupa dedak halus, gula merah dan insektida, ketiga bahan tersebut dicampur dan di sebar di pinggiran pematang sawah, sedangkan

5. Perangkap penerang atau lampu

Biasanya setiap serangga menyukai cahaya pada malam hari, sediakan lampu atau cahaya disekitar pematang sawah, dengan tujuan agar mengundang hama agar mendekat kearah cahaya dan tidak menyerang tanaman padi.

Demikian artikel tentang Pencegahan dan Pengendalian hama orong orong atau hama gaang pada tanaman padi, semoga artikel ini bermanfaat. selamat mencoba.

No comments

Post a Comment