Wednesday, March 8, 2017

Membuat KCL buatan dari Sabut kelapa (Cocopeat)

Sesuai dengan judulnya yaitu Membuat KCL buatan dari sabut kelapa, kali ini blog sampul pertanian akan berbagi tentang itu, namun sebelum ... thumbnail 1 summary

Sesuai dengan judulnya yaitu Membuat KCL buatan dari sabut kelapa, kali ini blog sampul pertanian akan berbagi tentang itu, namun sebelum nya kita akan membahas kenapa harus sabut kelapa untuk dijadikan sebagai KCL buatan? 


Manfaat sabut kelapa
Sabut kelapa merupakan kulit bagian luar buah kelapa yang berbentuk serabut, sabut kelapa atau banyak orang juga menyebutnya dengan nama cocopeat sering sekali dijadikan sebagai limbah dan dibuang begitu saja karena kurang mengerti atau ketidaktahuan akan manfaat dari sabut kelapa tersebut.

Namun tahukah anda kandungan apasaja yang terdapat didalam sabut kelapa? disebuah artikel yang saya baca ternyata sabut kelapa banyak terkandung unsur (K) Kalium, (P) Fosfor, (Ca) Calsium, (Mg) Magnesium, dan (Na) Natrium. kandungan-kandungan unsur tersebut ternyatan sangat bermanfaat bagi tanaman terutama bagi tanaman padi.

MANFAAT SABUTKELAPA BAGI TANAMAN

Dengan banyaknya kandungan unsur hara yang terdapat dalam sabut kelapa terutama kandungan Kalium (K) dan Fosfor (P) yang sangat tinggi, membantu meningkatkan pengisian dan berat rendemen pada gabah juga membuat tanaman lebih tahan rebah.

CARA MEMBUAT KCL DARI SABUT KELAPA

1. Siapkan sabut kelapa
2. Lakukan pencacahan kasar pada sabut kelapa
3. Siapkan Drum yang untuk penampung air
4. Isi drum tersebut dengan sabut kelapa yang sudah dicacah tadi sebanyak 3/4 ukuran drum
5. Setelah terisi dengan sabut kelapa, isi air hingga penuh
6. Biarkan selama minimal 14 hari lebih lama lebih bagus, atau secara fisik air akan berwarna coklat kehitaman. setelah itu bisa digunakan

CARA PEMUPUKAN KCL SABUT KELAPA

1. Pemberian dengan cara penyemprotan, dosis yang diberikan 1-2 Liter/tangki atau lebih banyak lebih baik karena berbahan organik dan tidak ada efek samping
2. Pemberian KCL buatan ini bisa diberikan pada umur tanaman masih dalam penyemaian agar merangsang perakaran dan batang tanaman
3. Pemberian baik digunakan pada umur tanaman sedang masa generatif karena akan memberikan kebutuhan unsur hara kalium (K) untuk pengisian bulir padi.

Tambahan :  Saat pemberian KCL Buatan ini terlebih dahulu sabut kelapa diperas agar airnya keluar, dan lakukan penyariangan agar nozzel sprayer tidak mampet atau tertutup serat-serat kecil sabut kelapa, KCL buatan ini lebih baik jika dikombinasi dengan pemberian MOL (Mikro Organisme Lokal).

No comments

Post a Comment