Saturday, March 25, 2017

MANFAAT SELEDRI untuk perawatan kesehatan rambut dan obat tekanan darah tinggi

Seledri atau dalam bahasa latin disebut Apium graveolens L. merupakan salahsatu tanaman yang sering dijadikan sebagai bumbu masakan, terl... thumbnail 1 summary

Seledri atau dalam bahasa latin disebut Apium graveolens L. merupakan salahsatu tanaman yang sering dijadikan sebagai bumbu masakan, terlebih untuk masakan seperti sop. selain dari itu ternyata seledri juga bermanfaat untuk kecantikan dan bahkan sebagai obat tekanan darah tinggi.


Seledri (Apium graveolens L)

1. Seledri untuk perawatan rambut

Salahsatu manfaat seledri untuk kecantikan yaitu untuk merawat kesehatan rambut, rambut akan rusak jika sering bergantinya gaya rambut, pemasanan pada rambut, dan pewarnaan pada rambut mengakibatkan rambut menjadi kusam dan bahkan bisa mengakibatkan kerontokan. untuk itu perlu dilakukan perawatan pada rambut anda agar terbebas dari kerontokan, salah satu perawatan rambut bisa dengan menggunakan seledri, adapun caranya sebagai berikut.

Langkah pertama adalah siapkan 8-10 tangkai seledri kemudian cuci bersih seledri tersebut, setelah itu tumbuk daun beserta tangkai tanaman seledri, setelah dirasa halus keramaskan kebagian rambut dengan sesekali dilakukan pemijatan pada kulit kepala terlebih dahulu dibasahi dengan air, setelah itu diamkan beberapa menit kemudian basuh rambut anda dengan air yang mengalir hingga bersih. lakukan langkah tersebut secara teratur 2 atau 3 hari sekali sampai rambut anda kembali sehat.

2. Seledri untuk obat tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau sering disebut dengan istilah hypertensi merupakan kondisi tekanan darah di arteri meningkat. peningkatan ini menyebabkan kerja jantung menjadi lebih keras dari biasanya untuk menyalurkan darah melalui pembuluh darah, penderita tekanan darah ini sering sekali mengeluh pusing jika kondisi tekanan darahnya sedang meningkat.

Hal tersebut sebaiknya dilakukan pengobatan, pengobatan bisa dengan kimia atau dengan herbal, salah satu obat herbal untuk menurunkan tekanan darah tinggi salahsatunya adalah seledri. menurut artikel yang saya baca seledri mengandung saponin, tlavonoida dan polifenol yang baik bagi kesehatan. adapun cara mengolah seledri menjadi obat tekanan darah tinggi adalah sebagai berikut,

Untuk obat tekanan darah tinggi siapkan seledri yang masih segar sebanyak 40-50 gram, cuci berseih seledri tersebut kemudian direbus dengan 2 gelas air, lama perebusan sekitar 15 menit, kemudian rebusan seledri tadi didinginkan setelah dingin rebusan disaring. Hasil saringan diminum secara teratur sehari dua kali yaitu pada pagi dan sore hari.

Demikian manfaat dari seledri, ternyata selain digunakan sebagai bumbu seledri mempunyai manfaat yang lebih terutama untuk perawatan kesehatan rambut dan sebagai obat tekanan darah tinggi. semoga bermanfaat..

No comments

Post a Comment