Saturday, March 11, 2017

Hanjuang atau Andong tanaman hias berdaun cantik

Hanjuang atau dalam bahasa jawa dikenal dengan nama andong, tanaman ini adalah salahsatu kategori tanaman hias terutama hanjuan daun merah... thumbnail 1 summary

Hanjuang atau dalam bahasa jawa dikenal dengan nama andong, tanaman ini adalah salahsatu kategori tanaman hias terutama hanjuan daun merah, keindahan tanaman ini terletak pada daunnya, namun terkadang tanaman ini sering kita jumpai sebagai tanaman pembatas.


Hanjuang atau Andong (Cordyline)
Hanjuang daun merah seringkali kita lihat sebagai tanaman hias dipekarangan-pekarangan rumah karena memiliki keindahan pada daunnya yang berwarna merah sehingga tanaman ini sering dipadu padankan dengan jenis tanaman hijaulainnya.

Tanaman hanjuang atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan Cordyline ini sedikitnya memiliki 15 macam jenis yang tersebar diseluruh dunia, seperti jenis C. Australis, C. Banksii, C. Fruticosa syn, C. Terminalis, C. Haageana, C. Indivisa, C. Obtecta syn, C. kaspar, C. baueri, C. Pumilio, dan C. Stricta.

Hanjuang atau tanaman andong diklasifikasikan kedalam keluarga Asparagaceae, yang berati tanaman monokotil atau berbiji tunggal, dengan ciri khasnya berdaun lebar dan berakar serabut, untuk lebih jelas berikut klasifikasi lengkap tanaman hanjuang,

Klasifikasi Tanaman Hanjuang
(Cordyline)
Kingdom
Plantae
Clade
Angiosperms
Clade
Monocots
Order
Asparagales
Family
Asparagaceae
Subfamily
Lomandroideae

Di Indonesia, tanaman hanjuang sering digunakan sebagai tanaman pembatas petakan atau blok pada kepemilikan sawah, kebun atau ladang bagi para petani, sesuai dengan filosofi dari tanaman hanjuang itu sendiri yang berarti pembatas ruang.

Selain sebagai pelindung atau pembatas area lahan, ternyata tanaman hanjuang ini memliki beberapa manfaat seperti pada daunnya untuk membungkus makanan tradisional dan bisa dijadikan sebagai bahan dasar obat tradisional untuk pengobatan Keputihan, diare, wasir dan lain-lain.

No comments

Post a Comment