Tuesday, March 7, 2017

Cara MENGOLAH DAUN DAN BUAH JAMBU BIJI menjadi obat Diare

Artikel kali ini akan membahas tentang bagaimana cara mengolah daun dan buah jambu biji menjadi obat diare, sebelum kita melangkah tentang... thumbnail 1 summary

Artikel kali ini akan membahas tentang bagaimana cara mengolah daun dan buah jambu biji menjadi obat diare, sebelum kita melangkah tentang cara mengolahnya, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu kandungan apa saja yang terdapat didalam daun dan buah dari jambu biji sehingga dapat membantu mengobati diare.


Cara mengolah daun dan buah jambu biji
Menurut sebuah artikel yang saya baca, bahwa kandungan yang terdapat didalam daun jambu biji mengandung banyak zat kimiawi yang bersifat sebagai anti bakteri, adapun kandungan kimia yang terdapat didalam daun jambu biji adalah sebagai berikut tanin, minyak atsiri, flavonoid, ursolic, oleanolic, karoten, vitamin B1, B2, B3, B6, dan vitamnin C serta resin, selain avicularin dan guaijaverin.

Sedangkan buah dari jambu biji mangandung banyak nutrisi seperti Serat diet, Zat besi, Elektrolit, Fosfor, Thiamin, Total Lemak, Vitamin A, C, E dan K, serta Kalium, Kalsium, Karbohidrat, Lycopene 5204 mcg, Magnesium, Mangan, Mineral, Protein dan masih banyak yang lainnya.

Dengan melakukan pengobatan diare menggunakan daun dan buah jambu biji dapat menunjukan menghambatnya dan bahkan terbunuhnya virus dan bakteri yang menyebabkan diare seperti bakteri salmonella, e. Colli, Bacillus, Shigella dan bakteri Staphylococcus.

Kita kembali ke pembahasan tentang cara mengolah daun da buah jambu biji, pertama yang harus kita adalah sebagi berikut,

Cara Pertama

1. Siapkan 7-10 lembar daun jambu biji
2. Cuci bersih daun tersebut dalam air yang mengalir
3. Rebus 2-3 gelas air minum, setelah mendidih masukan daun jambu biji terlebus
4. Rebus hingga air tersisa setengahnya sambil sesekali di aduk
5. Setelah dingin ramuan air rebusan siap untuk di minum

Cara kedua

1. Siapkan 5-7 lembar daun jambu biji
2. Cuci bersih daun tersebut
3. Setelah di cuci, daun tadi ditumbuk hingga halus
4. Sajikan dalam bentuk teh hijau, setelah jadi bisa di sajikan

Sedangkan untuk mengolah buah dari jambu biji terbilang sederhana, adapun cara mengolahnnya adalah sebagai berikut, 

1. Siapkan buah yang sudah mateng kemudian cuci hingga bersih
2. Potong kotak-kotak kemudian masukan kedalam blender, 
3. Tambahkan sedikit pemanis berupa madu atau gula merah
4. Blender semua bahan
5. Sajikan dalam gelas dan minumlah sesuai kebutuhan

Demikian artikel cara mengolah daun dan buah jambu biji menjadi obat diare dan jika diare tidak kunjung membaik segeralah periksa ke dokter agar ada penangan lanjutan tentang penyakit diare. semoga bermanfaat.

No comments

Post a Comment