Friday, March 17, 2017

Cara menanam Seledri di Pot atau Polybag dengan mudah

Seledri atau dalam bahasa latin disebut dengan Apium graveolens L. merupakan tanaman yang sering digunakan sebagai bumbu masakan. tanaman... thumbnail 1 summary

Seledri atau dalam bahasa latin disebut dengan Apium graveolens L. merupakan tanaman yang sering digunakan sebagai bumbu masakan. tanaman ini sering digunakan pada bagian batang dan daun sebagai bahan tambahan bumbu masakan seperti masakan sayur sop untuk memberikan rasa segar pada masakan.


Menanam Seledri di Pot atau Polybag dengan mudah
Dibeberapa negara tanaman seledri selain digunakan sebagai bumbu masakan juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk kecantikan dan pengobatan. seperti contohnya untuk mengatasi kerontokan pada rambut dan pengobatan untuk hipertensi.

Seledri dapat ditanam dalam media apapun termasuk dalam media pot atau polybag, dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi seperti ketersediaan unsur hara dan kelembaban yang mencukupi untuk tumbuhnya tanaman seledri ini. adapun cara menanam seledri didalam pot adalah sebagai berikut

1. Siapkan bibit atau benih seledri

Tanaman seledri bisa dilakukan dengan 2 cara, cara pertama yaitu jika anda sudah mempunyai tanaman seledri bisa dengan mengambil tunas anakan pada tanaman seledri dan cara kedua dengan cara penaman dengan cara biji. penanaman ini bisa ditanam langsung atau disemai terlebh dahulu

2. Siapkan media tanam

Media tanam sangan diperlukan jika ingin menanam seledri didalam pot atau Polybag, komposisi media tanam untuk didalam pot yaitu dengan perbandingan 1:2:1 antara tanah, pupuk organika atau kompos dan arang sekam. tanaman seledri agar tumbuh dengan baik usahak tanam tetap dalam keadaan gembur atau tidak padat.

3. Perawatan tanaman seledri

Perawatan tanaman seledri meliputi penyiraman, penyiangan, pemupukan dan pengendalian hama. penyiraman dilakukan 2 kali sehari, penyiangan dilakukan jika didalam area pot atau polybaga ditemukan gulma, pemupukan tanaman seledri ini cukup dengan NPK dengan takaran 10 gram/10 liter setiap 2-3 minggu.

4. Panen

Tanaman seledri dapat dipanen jika sudah berumur tanaman sekitar 2-3 bulan atau jika sudah terlihat daun yang lebat dan batang yang mulai mengeras, cara memanen tanaman seledri cukup memotong tangkai dari tanaman.

Demikian cara menanam tanaman seledri didalam media pot atau polybag, dengan menanam seledri sendiri dipekarangan rumah kita akan mendapatkan tanaman yang sehat dan bisa lebih hemat untuk pengeluaran. semoga bermanfaat..

No comments

Post a Comment