-->
Arti warna label benih padi bersertifikat (Label Kuning, Putih, Ungu dan Biru)

Arti warna label benih padi bersertifikat (Label Kuning, Putih, Ungu dan Biru)

Benih merupakan faktor utama dalam peningkatan hasil produksi tanaman budidaya termasuk pada tanaman padi, banyak dipasaran yang menjual benih yang bersertifikasi namun diantara benih-benih bersertifikasi tersebut terdapat label-label warna seperti Kuning, Putih, Ungu dan Biru yang menandai kualitas dari benih tersebut.


Label warna benih bersertifikat
Untuk memilih benih berkualitas tentunya kita harus memilih benih yang bersertifikat, bernih bersertifikat sendiri mempunyai arti benih yang melalui produksi seperti tahapan sertifikasi benih dan memenuhi kriteria standar mutu benih yang baik termasuk dilapangan dan saat dilaboratorium.

Dalam benih bersertifikat terdapat beberapa benih padi yang digolongkan kedalam beberapa jenis, seperti jenis Breeder seed, Foundation Seed, Registered Seed/Stock Seed dan Certified Seed. semua jenis benih tersebut diberi tanda berupa label warna ditiap jenisnya, adapun warna dari tiap jenis label benih tersebut adalah sebagai berikut.

1. Label Kuning/Benih Pnjenis (Breeder seed)

Breeder seed atau benih penjenis adalah benih dari hasil pemulia tanaman yang mempunyai sifat kemurnian sangat tinggi atau sangat murni, benih ini mempunyai jumlah sangat sedikit dan dibawah pengawasan pemulia tanaman, benih ini diberi label berwarna kuning dan sangat jarang ditemukan di pasaran.

2. Label Putih/Benih dasar (Foundation Seed)

Benih dari jenis berlabel putih ini sulit ditemukan dipasaran namun tidak sesulit benih yang berlabel kuning, harga benih berlabel putih sangat tinggi dibanding dengan berlabel ungu dan biru karena benih ini adalah benih dasar yang merupakan benih dari hasil pertanaman benih penjenis yang mempunyai sifat kemurnian tetap tinggi

3. Label Ungu/Benih pokok (Registered Seed/Stock Seed)

Benih berlabel ungu atau benih pokok merupakan hasil dari turunan benih dasar atau Foundation Seed dengan diberikan perlakuan sebaik-baikna untuk menjaga tingkat kemurnian genetik dari benih itu sendiri. benih ini lebih mudah ditemukan dipasaran jika dibandingkan benih berlabel kuning dan putih.

4. Label Biru/Benih sebar (Certified Seed)

benih berlabel biru atau benih sebar merupakan benih yang sering dipakai oleh para petani dan mudah ditemukan dikios-kios pertanian. benih ini hasil perbanyakan dari benih pokok atau perbanyakan langsung dari benih dasar.

Label merupakan simbol dari kualitas dari benih itu sendiri, sehingga menentukan harga jual dari benih tersebut, demikian artikel kali ini tentang Arti warna label benih padi bersertifikat (Kuning, Putih, Ungu dan Biru), semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat. terima kasih..
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

1 comment

Terimakasih informasinya, sangat membantu 👍

Balas