Monday, March 13, 2017

2 Cara menanam tanaman Hanjuang atau andong (Cordyline)

Hanjuang atau tanaman andong merupakan tanaman hias yang dikategorikan tidak sulit untuk diperbanyak atau untuk ditanam, cara menanam tana... thumbnail 1 summary

Hanjuang atau tanaman andong merupakan tanaman hias yang dikategorikan tidak sulit untuk diperbanyak atau untuk ditanam, cara menanam tanaman hanjuang sangat sederhana dan tidak memerlukan metode khusus untuk penanaman dan mudah untuk dilakukannya.


2 Cara menanam tanaman Hanjuang atau andong (Cordyline)
Sebelum membahas tentang cara menanam tanaman andong tersebut, ternyata selain digunakan sebagai tanaman hias, tanaman andong atau tanaman hanjuang ini bisa digunakan untuk beberapa bahan baku dari ramuan obat tradisional, adapun khasiat dan manfaat dari tanaman andong atau hanjuan ini yakni untuk mengobati keputihan pada wanita, batuk berdarah, wasri, diare dan bahkan sengatan serangga bisa diobati dengan tanaman hajuang atau andong ini.

Cara menanam tanaman hanjuang atau tanaman andong ini bisa dilakukan dengan 2 (dua) cara, yaitu yang pertama ditanam secara stek atau ditanam untuk tanaman hias didalam ruangan yaitu dengan cara direndam di bawah air.

Yang pertama kita akan membahas cara menanam dengan metode stek batang pada tanaman hanjuang, sebelum nya ada beberapa hal yang harus disiapkan seperti,

1. Siapkan batang untuk di stek

Batang stek bisa diambil dari batang tanaman secara langsung dengan cara memotong batang tanaman sepanjang 30-40 cm.

2. Siapkan tanah untuk di tanami

Tanah yang ditanami bisa berupa didalam pot atau dipekarangan rumah, hal tersebut sama saja, yang terpenting tanah dalam keadaan subur dan tidak kering.

3. Penanaman stek batang hanjuang

Penanaman stek batang hanjuang dilakukan dengan cara cukup ditanjapkan kedalam tanah, dengan terlebih dahulu memperhatikan posisi stek batang tersebut jangan sampai terbalik, batang stek tanaman bisa terlebih dahulu direndang kedalam ZPT bisa juga tidak perlu.

4. Hal yang diperhatikan

Penyiraman stek batang secara rutin, minimal dilakukan dua kali sehari karena untuk merangsang perakarang keluar, sebaiknya stek batang ini dilakukan pada musim hujan.

Demikian cara menanam dengan menggunakan metode stek batang pada tananaman hanjuang atau tanaman andong, sekarang kita akan membahan tentang cara menanam dengan metode direndam di bawah air dan disimpan didalam toples. adapun hal yang harus disiapkan adalah.

1. Siapkan stek batang kira-kira sepanjang 30-40 cm, sisakan bebepa helai daunnya
2. Siapkan toples atau wadah, direkomendasikan toples atau wadah yang bening
3. Isi dengan air toples tersebut seperlunya
4. Simpan stek batang tanaman hanjauang kedalam toples tersebut, posisi stek batang jangan sapai terbalik
5. Sekitar 1 minggu akar pada stek batang tersebut akan keluar, maka stek batang berhasil dan tanaman bisa disimpan sebagai tanaman hias diatas meja atau disudut-sudut ruangan untuk hiasan.

Demikian cara untuk menanam tanaman hanjuang atau tanaman andong, cara tersebut tergolong mudah untuk dilakukan oleh kita semua, akhir kata blog sampul pertanian mengucapkan selamat mencoba, dan terima kasih..

No comments

Post a Comment