Thursday, March 16, 2017

10 UNSUR PENERAPAN TEKNOLOGI BUDIDAYA TANAMAN PADI

Dalam budidaya tanaman padi kita mengenal dengan unsur penerapan teknologi yang dilakukan untuk peningkatan produksi. unsur penerapan tekn... thumbnail 1 summary

Dalam budidaya tanaman padi kita mengenal dengan unsur penerapan teknologi yang dilakukan untuk peningkatan produksi. unsur penerapan teknologi itu terbagi menjadi 10 unsur atau kita kenal dengan nama 10 Unsur penerapan teknologi budidaya tanaman padi.


10 Unsur penerapan teknologi budidaya tanaman padi
10 unsur penerapan teknologi budidaya tanaman padi tersebut mencakup semua hal tentang budidaya, mulai dari pemilihan benih sampai kepada pengelolaan panen dan pasca panen. adapun 10 unsur penerapan teknologi tersebut adalah sebagai berikut,

1. Menggunakan Varietas Benih unggul berlabel

Menggunakan benih bermutu yang berlabel merupakan unsur utama dalam budidaya tanaman padi, karena dengan mendorong peningkatan produksi penggunaan benih sangat menentukan hasil dari produksi panen.

2. Pengolahan tanah yang baik

Pengolahan tanah yang baik meliputi penggunaan pupuk dasar, olah tanah yang tepat dan sampai pada persiapan tanam menjadi unsur dalam penerapan teknologi budidaya tanaman padi.

3. Pengaturan jarak tanam

Pengaturan jarak tanam dalam unsur penerapan teknologi menggunakan jarak tanam yang dianjurkan pemerintah seperti jarak tanam legowo, baik itu legowo 2:1, legowo 3:1 dan legowo 4:1.

4.Pengendalian hama terpadu

PHT atau Pengendalian hama terpadu adalah unsur penerapan teknologi dalam hal pengendalian OPT, Pengendalian ini mengutamakan pengendalian yang terpadu yang tapat waktu, tepat sasaran dan tepat pemilihan pestisida.

5. Penerapan pola tanam

Penerapan pola tanam seperti Padi-Padi-Palawija harus dilakukan, karena akan membantu memotong siklus hama pada tanaman padi.

6. Pergiliran atau pergantian varietas

Pergiliran atau pergantian varietas pada tanaman padi diperlukan karena jangan sampai varietas yang digunakan itu-itu saja, karena akan mengundang OPT untuk menyerang. lakukan pergiliran varietas setiap kali musim tanam secara keseluruhan hamparan.

7. Pengaturan air

Pengaturan air ini sangat diperukan selain untuk menghemat penggunaan air, dengan menggunakan pengaturan air juga bisa membantu pengendalian hama seperti hama Wereng. penggunaan pengaturan air secara teratur atau secara intermiten membantu memberikan sirkulasi udara didalam tanam sehingga perakaran bisa tumbuh dengan baik.

8. Pemupukan berimbang

Pemupukan berimbang sesuai spesifikasi lokasi sangat diperlukan, karena jangan sampai penggunaan pupuk seperti Urea diberikan secara berlebihan, selain tidak baik untuk pertumbuhan penggunaan pupuk berlebihan seperti urea dapat mengundang  hama untuk menyerang.

9. Penggunaa Pupuk pelengkap Cair (PPC) dan Zat Pengatur Tumbuh (ZPT)

Penggunaan PPC dan ZPT akan memberikan nutrisi lebih pada tanaman lewat daun, sehingga kebutuhan nutrisi tanaman akan dibantu lewat mulut daun.

10. Panen dan pasca panen

Unsur penerapan teknologi yang terakhir adalah Panen dan pasca panen meliputi cara panen yang benar agar dapat mengurangi kehilangan hasil pada saat panen dan penyimpanan yang tepat seperti pengeringan dan pengemasan pada pasca panen.

No comments

Post a Comment