Thursday, February 16, 2017

Mengenal kode angka dan kode jenis dari Pestisida (5WP, 400SL, 2,5EC dan 400WSC)

Banyaknya jenis produk pestisida dipasaran, seperti produk insektisida, herbisida, fungisida dan jenis pestisida lainnya dengan tentunya m... thumbnail 1 summary

Banyaknya jenis produk pestisida dipasaran, seperti produk insektisida, herbisida, fungisida dan jenis pestisida lainnya dengan tentunya merek dagang yang berbeda-beda, hal ini mempermudah kita untuk memilah dan memilih pestisda mana yang tepat untuk pengendalian.


Mengenal kode angka dan kode jenis dari Pestisida (5WP, 400SL, 2,5EC dan 400WSC)
Didalam kemasan produk pestisida biasanya terdapat nama bahan aktif yang terkandung didalamnya dan selain dari itu terdapat juga kode-kode angka tertentu yang ada didalam merek kemasan seperti contohnya 5WP pada pestisida Confidor, 3GR pada Furadan, 400 SL pada Manuver, 2,5 EC pada Decis dan kode lainnya.

Sebagai petani modern kita wajib mengetahui apa yang dimaksud dari kode angka 5WP, 3GR, 400SL dan kode-kode angka lainnya. kali ini artikel blog sampul pertanian akan membahas kode-kode angka yang terdapat didalam kemasan produk pestisida, adapun penjelasannya adalah sebagai berikut.

WP

Kode WP biasanya terdapat dalam kemasan produk pestisida seperti CONFIDOR 5WP, AVIDOR 25WP, APPLAUD 10WP, ANTRACOL 70WP dan lain-lain, lantas apa yang di Maksud dengan WP? WP adalah singkatan dari Werrable Powder atau pestisida yang berjenis tepung yang larut dalam air, lantas apa yang dimaksud dengan 5WP pada Confidor 5WP, 5WP sama dengan 5% bahan aktif yang terkandung dengan Werrable Powder pada jenis pestisidanya.

GR

GR biasanya terdapat dalam pestisida Furadan 3GR, dengan penjelasan sebagai berikut, Furandan dengan 3% bahan aktif Carbofuran, dan arti GR adalah Granula atau Butiran.

SL

Arti SL adalah Soluble atau larutan yang bisa dilarutkan dalam air, kode SL bisanya terdapat dalam kemasan Spontan 400SL dan MONTAF 400SL. contoh nya Spontan 400SL, Spontan dengan 400g/l bahan aktif berupa Dimehipo dan SL adalah Soluble atau larutan yang bisa dilarutkan dalam air.

EC

EC bisa ditemui salahsatunya pada pestisida Decis 2,5EC yang berarti Decis mengandung bahan aktif Deltamethrin sebanyak 25 g/l dan arti EC adalah Emulsifiable Concentrate atau pestisida Berbentuk cairan pekat.

WSC

Pestisida Manuver 400WSC yang menggunalan kode 400WSC, dengan arti pestida mengandung bahan aktif Dimehypo sebanyak 400g/l sedangkan WSC adalah Water Soluble Concentrate atau Pekatan yang dapat larut dalam air

Demikian artikel Mengenal kode angka dan kode jenis dari pestisida (5WP, 400SL, 2,5EC dan 400WSC), semoga bermanfaat

No comments

Post a Comment