Tuesday, February 7, 2017

Manfaat Tanaman dan Bunga Kitolod atau Korejat (Isotoma longiflora)

Manfaat Tanaman dan Bunga Kitolod atau Korejat (Isotoma longiflora) - Bunga kitolod atau bunga korejat merupakan salahsatu gulma yang tumbu... thumbnail 1 summary

Manfaat Tanaman dan Bunga Kitolod atau Korejat (Isotoma longiflora) - Bunga kitolod atau bunga korejat merupakan salahsatu gulma yang tumbuh dipinggiran-pinggiran aliran air, seperti pinggiran-pinggiran kali, selokan, pematang sawah ataupun ditempat-tempat yang ketersediaan airnya cukup.
Bunga Kitolod atau Korejat (Isotoma longiflora)

Seringkalinya tumbuhan ini dianggap sebagai gulma namun ternyata tumbuhan ini bisa sangat bermanfaat bagi manusia terutama untuk kesehatan, diantara manfaat dari bunga kitolod atau bunga korejat ini dipercaya mampu mengobati sakit mata dan katarak. bahkan menurut sebuah artikel bunga kitolod atau bunga korejat sudah sejak lama dijadikan bahan baku sebagai obat tradisonal untuk pengobatan mata. manfaat lain dari bunga kitolod adalah sebagai berikut,

1. Pengobatan sakit mata

Bunga dari tumbuhan korejat atau kitolod ini mampu mengobati penyakit mata ringan seperti iritasi. cara nya, petik bunga kitolod atau bunga korejat, masukan air kedalam kelopak bunga secukupnya kemudian teteskan air tersebut kemata melalui kelopak bunga kitolod, rasanya sangat perih, namun dipercara masyarakat daerah dengan menggunakan bunga kitolod dapat mengobati sakit mata.

2. Pengobatan katarak secara tradisional

Kepercayaan masyarakat umum untuk mengobati katarak dapat disembuhkan dengan menggunakan tumbuhan kitolod atau korejat, caranya siapkan 1 helai daun kitolod kemudian patahkan, tekan-tekan hingga mengeluarkan getah dari daun tersebut, setelah keluar getah tersebut tambahkan 3-4 sendok makan air besih kemudian dicampurkan, setelah itu teteskan 2-3 kali ke mata yanga terkena katarak, jika penggunaan ulang gunakan daun yang segar untuk membuat racikannya kembali, pengobatan dilakukan secara teratur. disarankan lakukan langkah medis lanjutan.

3. Pengobatan sakit gigi

Sakit gigi bisa disembuhkan dengan tumbuhan bunga korejat atau kitolod, yakni dengan cara ambil 2-3 helai daun tumbuhan bunga kitolod atau bunga korejat, cuci bersih dalam air yang mengalir kemudian tumbuk hingga halus, tempelkan kedalam gigi yang sakit, diamkan beberapa saat dan kumur.

4. Mengobata luka ringan

Tumbuhan bungan kitolod atau bunga korejat mampu mengobati luka ringan seperti luka teriris dan lecet, cara pengobatan luka dengan tumbuhan ini yakni dengan cara ambil 3-4 lembar daun kitolod atau korejat, cuci bersih dalam ari yang mengalir kemudian tumbuk daun tersebut hingga halus dan mengeluarkan lendir pada daun, kemudian tempel dan balurkan kan pada luka tersebut. untuk luka yang lebih serius tidak disarankan dengan menggunakan bahan baku bunga korejat, sebaiknya dibawa ke Dokter atau Rumah sakit agar diberikan tindakan medis lanjutan.

Demikian manfaat dari tumbuhan bunga kitolod atau bunga korejat, semoga bermanfaat.. 

No comments

Post a Comment