Thursday, February 23, 2017

Manfaat Minyak ikan bagi kesehatan dan daya tahan tubuh

Minyak ikan, mungkin semua orang sudah mengenalnya dikarenakan mulai dari bayi, anak-anak, dewasa dan ibu hamil banyak disarankan untuk me... thumbnail 1 summary

Minyak ikan, mungkin semua orang sudah mengenalnya dikarenakan mulai dari bayi, anak-anak, dewasa dan ibu hamil banyak disarankan untuk mengkonsumsi minyak ikan, karena kandungan yang terdapat dalam minyak ikan seperti asam lemak omega-3 baik bagi kesehatan dan menjaga daya tahan tubuh kita.


Manfaat minyak ikan (fish oil)
Minyak ikan sering dijumpai dalam bentuk suplemen biasanya berbentuk kapsul sehingga mudah untuk dikonsumsi, minyak ikan sendiri berasal dari jaringan pada jenis ikan tertentu yang mengandung minyak, seperti ikan paus dan ikan kod serta jenis binatang lainnya yang ada didalam laut.

Kandungan yang terdapat didalam minyak ikan sangat bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung asam lemak omega-3 dan omega -6 yang membantu menjaga dan mmenurunkan resiko dari penyakit. adapun manfaat dari minyak ikan sebagai berikut,

1. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh

Dibeberapa artikel menyebutkan minyak ikan dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh bagi manusi karena mengandung asam lemak omega-3, namun penelitian ini masih masih berlanjut. sedangkan jika mengkonsumsi secara berlebih akan mengakibatkan menurunnya kualitas sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh mudah terserang infeksi.

2. Meningkatkan kinerja pada otak

Minyak ikan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak dan ibu hamil karena membantu perkembangan pada mata dan otak. karena didalam minyak ikan mengandung Docosahexaenoic acid (DHA) dan Eicosapentaenoic acid (EPA)

3. Menjaga dan Menurunkan resiko penyakit jantung

Menurut penelitian bahkan kandungan omega-3 yang terdapat didalam minyak ikan efektif untuk mengurangi resiko penyakit jantung dan dapat menurunkan LDL atau tingkat kolesterol jahat sekaligus dapat meningkatkan tingkat kolesterol baik atau HDL sehingga dapat mengurangi resiko terkenanya stroke

4. Perawatan pada kulit

Kandungan EPA atau Eicosapentaenoic acid membantu menjaga kulit agar tetap sehat dan terawat. masalah umum yang sering terjadi pada kulit yakni masalah kekeringan pada kulit, dengan mengkonsumsi minyak ikan secara teratur dapat membantu mengurangi kehilangan kelembaban pada kulit serta menjadikan kulit lebih mengkilat dan terlihat lebih bercahaya. minyak ikan juga diklaim dapat bisa mengobati jerawat dan kekeringan akibat terbakar sinar matahari.

5. Menurunkan tekanan pada darah

Dipercaya bahwa dengan mengkonsumsi minyak ikan dapat menurunkan tekanan pada darah dan membantu memperlancar peredaran darah, namun dikutip dari sebuah artikel sehatraga.com bahwa penelitian ini baru sebatas diteliti pada tikus dan menurut penelitian juga dengan mengkonsumsi minyak ikan tidak terlalu signifikan untuk menurunkan tekanan pada darah

6. Anti peradangan

Minyak ikan dipercaya mempunyai sifat anti radang, peradangan pada bagian tubuh kita mampun diturunkan dengan mengkonsumsi minyak ikan, minyak ikan juga efektif mengobati ganguan pencernaan.

Demikian beberapa manfaat dari minyak ikan bagi kesehatan dan daya tahan tubuh, kandungan seperti asam lemak omega-3 dan omega-6 sangat memberikan kebutuhan nutrisi pada tubuh kita agar tetap sehat dan kuat.

No comments

Post a Comment