Monday, February 6, 2017

Macam-macam Gulma : Klasifikasi dan Morfologi Kitolod (Isotoma longiflora)

Macam-macam Gulma : Klasifikasi dan Morfologi Kitolod ( Isotoma longiflora ) - Tumbuhan Kitolod adalah salahsatu gulma yang tumbuh liar di... thumbnail 1 summary

Macam-macam Gulma : Klasifikasi dan Morfologi Kitolod (Isotoma longiflora) - Tumbuhan Kitolod adalah salahsatu gulma yang tumbuh liar dipinggiran-pinggiran aliran sungai dan pematang sawah, bahkan tikolod mudah ditemukan di tepi-tepi selokan atau disela-sela dinding yang lembab.

Klasifikasi Kitolod (Isotoma longiflora)

Kitolod mempunyai nama latin Isotoma longiflora merupakan tumbuhan yang tergolong dalam keluarga Campanulales, yakni tumbuhan yang berbunga yang tergolong kedalam ordo Asterales. Klasifikasi lengkap tumbuhan kitolod (Isotoma longiflora) bisa dilihat dibawah ini,

Klasifikasi Tumbuhan Kitolod
(Isotoma longiflora)
Kingdom
Plantae

Angiospermae

Eudikotil

Asterids
Ordo:
Asterales
Family
Campanulaceae
SubFamily
Lobelioideae
Genus:
Isotoma
Species:
I. longiflora

Kandungan Kitolod (Isotoma longiflora)

Kendati seringnya tumbuhan kitolod dianggap sebagai gulma namun ternyata Tumbuhan kitolod ini bisa dimanfaatkan loh, manfaat dari kitolod sendiri bisa dimanfaatkan sebagai obat mata. dengan mempunyai kandungan anti bakterial seperti senyawa alkaloid dan lobelin dan daunnya mengandung saponin, polifenol dan flavonoid yang dipercaya dapat menyembuhkan katarak, mata minus dan mata plus.

Seiring banyaknya manfaat dari tumbuhan kitolod ini, sekarang kitolod bukan hanya sebagai Gulma melainkan sudah mulai dibudidayakan untuk tanaman obat yakni sebagai pengobatan penyakit mata secara herbal.

Morfologi kitolod (Isotoma longiflora)

Tumbuhan kitolod mempunyai ciri-ciri sebagai berikut, warna daun dari tumbuhan kitolod berwarna hijau dengan mempunyai pinggiran daun yang bergerigi persis seperti gergaji, bunga dari tumbuhan ini berwana putih dengan bentuk seperti bintang.

No comments

Post a Comment