Wednesday, February 1, 2017

Macam-macam Gulma : GULMA RUMPUT TIMUNAN (Leptochloa chinensis)

Gulma timunan atau mempunyai nama latin Leptochloa chinensis merupakan tumbuhan gulma yang mampu tumbuh dengan baik dalam berbagai kondisi... thumbnail 1 summary

Gulma timunan atau mempunyai nama latin Leptochloa chinensis merupakan tumbuhan gulma yang mampu tumbuh dengan baik dalam berbagai kondisi, baik kondisi lembab maupun kering. gulma timunan mudah ditemui didataran rendah sampai dengan ketinggian 1.400 mdpl.

Timunan (Leptochloa chinensis)
Menurut beberapa arikel gulma ini diperkirakan berasal dari kawasan afrika tenggara dari kenya ke afrika selatan, sedangkan di Asia dari India dan Srilangka menuju ke Asia tenggara termasuk ke Indonesia, di Indonesia sendiri gulma timunan atau Leptochloa chinensis mudah ditemui dilahan basah, seperti pematang sawah, pinggir sungai dan rawa-rawa.

Timunan atau Leptochloa chinensis diklasifikasikan kedalam family Poaceae atau keluarga dari rumput padang yang membunya rongga yang kecil dan tumbuh menjulang keatas, di bagian bawah diselubungi oleh daun, untuk lebih lengkap klasifikasi dari gulma timunan atau Leptochloa chinensis adalah sebgai berikut,

Klasifikasi Gulma Timunan
(Leptochloa chinensis)
Kingdom
Plantae

Angiosperms

Monocots

Commelinids
Order
Poales
Family
Poaceae
Subfamily
Chloridoideae
Tribe
Zoysieae
Genus
Leptochloa
Species
Leptochloa chinensis

Morfologi dai gulma timunan atau Leptochloa chinensis mempunyai tinggi tanaman sampai 120 cm, dengan mempunyai batang yang ramping menjulang tegak lurus keatas, mempunyai rongga dengan dibagian bawah di selubungi oleh helaian daun, daun dari gulma timunan atau Leptochloa chinensis mempunyai panjang sekitar 10-30 cm berbentuk menyirip, dibagian atas mempunyai bunga.

Tumbuhan gulma timunan atau Leptochloa chinensis mampu tumbuh dengan baik dengan suplay cahaya yang tinggi, cara pengendalian gulma ini dengan cara perendaman selama 1 minggu atau dengan cara penyiangan secara manual dengan tangan.

No comments

Post a Comment