Saturday, February 11, 2017

Kandungan dan Manfaat tanaman Bunga Pacar Air (Impatiens balsamina L.) untuk Kesehatan dan Pengobatan

Pacar air ( Impatiens balsamina L. ) adalah tanaman hias yang mempunyai bunga mirip seperti anggrek, tanaman ini tumbuh melalui biji dan se... thumbnail 1 summary

Pacar air (Impatiens balsamina L.) adalah tanaman hias yang mempunyai bunga mirip seperti anggrek, tanaman ini tumbuh melalui biji dan sering ditanam sebagai tanaman hias, ternyata selain dari itu tanaman ini sangat bermanfaat bagi kesehatan terutama bagi pengobata, kali ini blog sampulpertanian.com akan membahas sedikit tentang Manfaat tanaman Bunga Pacar Air (Impatiens balsamina L.) untuk Kesehatan dan Pengobatan.

Pacar Air (Impatiens balsamina L.)
Pacar air atau Impatiens balsamina L. mempunyai sebutan berbeda ditiap wilayah seperti contoh disebut kimhong di Jakarta, pacar cai di Jawabarat, tilanggele duluku dan kolondingi unggaagu di Gorontalo, giabebe dumule di Halmahera Utara, bunga jabelu di Halmahera Selatan laka gofu di Ternate dan Tidore dan masih banyak sebutan didaerah lainnya.

Kandungan tanaman Pacar Air

Pacar air dipercaya oleh masyarakat sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai penyakit seperti penyakit kulit dan penyakit dalam lainnya, menurut sebuah artikel kandungan dari tanaman pacar air mengandung senyawa kimia seperti cynidin, anthocynanin, delphinidin, malvidun, pelargonidin, kaempherol, quercetin, yang berguna mengobati mual atau muntah (Emetik), mengobati gatal (antipruritik), antibakteri dan jamur (antibiotik), pengencer dahak dan mengeluarkan lendir (diuretik, mucilage atau ekspektoran).

Manfaat tanaman Pacar Air

Untuk pengobatan penyakit di bagian luar, pacar air dapat digunakan sebagai obat,
1. Penyakit bisul
2. Rematik
3. Gatal-gatal
4. Bengkak akibat benturan
5. Luka bakar
6. Kutil

Untuk pengobatan penyakit di bagian dalam, pacar air dapat digunakan sebagai obat,
1. Nyeri haid
2. Pelancar haid
3. Keputihan pada wanita
4. Nyeri, kaku dan rematik
5. Stabilkan tekanan darah tinggi
6. Radang usus

Untuk lebih jelas baca juga : Cara mengolah pacar air menjadi obat (Next)

Demikian keterangan singkat tentang Kandungan dan Manfaat tanaman Bunga Pacar Air (Impatiens balsamina L.) untuk Kesehatan dan Pengobatan, pengobatan ini bersifat alternatif dan untuk pengobatan lebih baik disarankan konsultasi ke rumah sakit atau dokter spesialis yang mengerti. Artikel ini bersumber dari beberapa artikel, akhir kata semoga bermanfaat..

No comments

Post a Comment