Friday, February 3, 2017

Daun jarak Pagar (Jatropha curcas L.) dapat mengobati bayi masuk angin

Jarak pagar atau dalam bahasa latin disebut dengan Jatropha curcas L . sering kita temui sebagai tumbuhan pagar atau tumbuhan yang tumbuh s... thumbnail 1 summary

Jarak pagar atau dalam bahasa latin disebut dengan Jatropha curcas L. sering kita temui sebagai tumbuhan pagar atau tumbuhan yang tumbuh sebagai semak, sehingga seringkali dianggap sebagai gulma, selain dari itu jarak pagar ternyata mempunyai banyak khasiat, salah satunya Daun jarak Pagar (Jatropha curcas L.) mengobati bayi masuk angin.

Jarak Pagar (Jatropha Curcas L.)
Tumbuhan jarak pagar sering dijadikan sebagai pagar atau pembatas kebun, sawah ataupun yang lainnya, perkembangbiakan yang sangat mudah hanya dengan menyeteknya saja, jarak jakarta mampu tumbuh dengan baik. jarak pagar mempunyai nama yang bermacam-macam seperti didaerah Sulawesi menyebutnya dengan jarak kosta, bintalo dan tondo utomene sedangkan untuk di madura disebut dengan kalekhe paghar.

Baru-baru ini buah dari jarak pagar bisa dijadikan sebagai bahan bakar diesel karena didalam buah jarak terdapat banyak minyak, bahan bakar yang dihasilkan dari jarak pagar disebut dengan nama bio solar. selain itu jarak pagar ternyata sudah sejak lama dikenal sebagai obat tradisional, terutama untuk masuk angin pada bayi, adapun caranya sebagai berikut,

Cara membuat daun jarak menjadi obat masuk angin untuk bayi

1. Siapkan 1-2 lembar daun jarak pagar
2. Cuci hingga bersih diusahakan dengan air yang mengalir
3. Garang daun jarak diatas api kompor beberapa detik sampai warnanya berubah
4. Oleskan daun tadi dengan minyak telon
5. Tempelkan diatas perut bayi, kemudian tutup dengan pakaian agar tidak copot.
6. Hangatnya daun jarak pagar dapat menghangatkan perut bayi.

Demikian manfaat Daun jarak Pagar (Jatropha curcas L.) dapat mengobati bayi masuk angin, dengan menggunakan obat tradisional sedkit mengurangi pengobatan dengan kimia, akhir kata semoga bermanfaat. selamat mencoba..

No comments

Post a Comment