-->
Cara stek pohon buah Tin (Ficus carica L.)

Cara stek pohon buah Tin (Ficus carica L.)

Buah tin atau buah ara ini termasuk buah yang banyak sekali manfaatnya, tanaman yang berasal dari Asia barat, namun di Indonesia juga tanaman buah tin ini mampu tumbuh dengan baik, buah tin termasuk buah yang tidak sulit di kembangbiakan atau dipebrbanyak, ada beberapa cara untuk memperbanyak buah tin ini yakni bisa dengn biji, cangkok ataupun dengan cara stek batang.

Stek pohon buah Tin (Ficus carica L.)
Cara yang paling cepat dan paling sederhana untuk memperbanyak atau mengkembangbiakan tanaman buah tin ini yaitu dengan cara tanam menggunakan stek batang. namun ada beberapa hal yang hars di perhatikan dalam cara stek batang tanaman buah tin ini, adapun cara untuk menyetek tanaman buah tin yaitu sebagai berikut.

Bahan yang diperlukan

Menyiapkan batang yang akan di stek :  untuk menyiapkan batang yang akan di gunakan untuk di stek di ushakan memeilih batang yang sudah kecoklatan

Alat yang akan dipakai

1. Pemotong batang (Pisau, Gunti tanaman dll)
2. Media tanam : media tanam yang digunakan diusahakan mempunyai perbandingan yang tepat sehingga media tanam akan gembur.
3. Cangkul kecil (kored)
4. Wadah
5. Zat perangsang tumbuh (ZPT)
6. Pestisida (fungisida)

Cara stek batang tanaman buah tin

1.  Pilih lah batang tanaman buah tin yang sudah sedikit tua atau sudah berwarna kecoklatan, potong menjadi beberapa bagian dengan panjang 10-20 cm

2. Rapihkan batang yang sudah dipotong tadi dari ranting dan daun tanaman buah tin dengan menggunakan pisau atau gunting daun, pemangkasan bertujuan untuk mengurangi penguapan pada batang yang akan di stek

3. Larutkan ZPT kedalam air kemudian aduk hingga rata, setelah larutan ZPT tercampur kemudian celupkan setengah bagian batang tanaman buah tin yang sudah di bersihkan tadi kedalam larutan ZPT, selama 30-45 menit dengan bertujuan merangsang pertumbuhan akar pada batang yang akan di stek

4. Untuk menghindari pembusukan batang, celupkan beberapa menit batang kedalam larutan fungisida kurang lebih selama 3-5 menit saja.

5. Siapkan media tanam, langkah ini yang harus diperhatikan, campuran untuk media tanam yakni tanah, pupuk organik, sekam dengan perbandingan campuran media tanam 2:1:1

6. Tancapkan stek batang tanaman buah tin tadi ke dalam media tanam yang telah disediakan, tempat atau wadah dari stek batang bisa berupa Polybag ataupun dengan menggunakan pot.

7. Lakukan penyiraman pada batang stek, penyiraman jangan dilakukan berlebihan karena akan mengakibatkan batang stek akan membusuk dan tidak tumbuh.

8. Batang stek sudah mulai mengeluarkan tunas atau daun kecil sekitar umur 2-3 minggu atau bahkan bisa lebih lama dari itu.

9. Perawatan stek dilakukan kurang lebih sekitar 4-5 minggu, setelah itu stek batang tanaman buah tin bisa di tanam di pekarangan atau di media tanam lebih luas.

10. Yang harus diperhatikan saat memindahkan stek, usahakan stek muda tadi jangan terkena langsung oleh cahaya matahari karena stek buah tin akan mengering bahkan bisa mati. sebaiknya stek di naungi terlebih dahulu

Untuk perbanyakan tanaman buah tin dengan cara stek batang cukup sederhana bukan, anda bisa dilakukannya dirumah anda sendiri, selanjutnya kita akan membahas cara mencangkok tanaman buah tin. akhir kata. selamat mencoba.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments