Monday, February 13, 2017

5 Faktor penyebab berkurangnya lahan Pertanian

Pesatnya pembangunan dan naik pertumbuhan jumlah penduduk membuat penggunaan lahan-lahan didaerah semakin berkurang seperti contohnya pen... thumbnail 1 summary

Pesatnya pembangunan dan naik pertumbuhan jumlah penduduk membuat penggunaan lahan-lahan didaerah semakin berkurang seperti contohnya penggunaan lahan-lahan resapan air, pembukaan lahan kehutanan dan pembangunan dilahan pertanian.

Lahan Pertanian
Banyak faktor yang dapat menyebabkan berkurang atau menyempitnya lahan pertanian, berikut blog sampul pertanian akan merangkum 5 faktor penyebab berkurangnya lahan pertanian, sebagai berikut,

1. Faktor Pembangunan perumahan

Faktor pembangunan perumahan menjadikan faktor utama yang bisa mengurangi lahan pertanian versi blog sampul pertanian. karena faktor ini tidak lepas dari meningkatnya jumlah penduduk yang membutuhkan tempat hunian atau perumahan dan pembangunan perumahan-perumahan tersebut dibangun dilahan pertanian, hal tersebut menyebabkan lahan pertanian dapat berkurang dengan pesat.

2. Faktor Industri

Faktor Industri adalah faktor lainnya yang bisa mengurangi lahan pertanian, salahsatu contoh faktor industri yaitu pembangunan Pabrik, peternakan dan kolam perikanan. pembangunan tersebut terkadang dibangun dilahan pertanian.

3. Faktor pembangunan proyek

Faktor pembangunan proyek seperti contohnya pembangunan atau perluasan proyek jalan, proyek perkantoran atau proyek lainnya, faktor ini terkadang menggunakan lahan pertanian untuk pembangunannya.

4. Faktor alam

Faktor alam memang jarang terjadi, namun fakto alam juga bisa menjadikan berkurangnya atau menyempitnya lahan pertanian, seperti contohnya dari faktor alam adalah kekeringan, abrasi, longsor dan lain-lain

5. Faktor lainnya atau faktor tidak langsung

Faktor ini memang tidak sadar dilakukan karena faktor ini tidak berdampak langsung terhadap lahan pertanian namun berdampak terhadap lahan pertanian, seperti contoh faktor penebangan hutan yang berakibat berkurangnya stok air kelahan pertanian, rusaknya jalur irigasi dan tidak adanya regenerasi petani muda.

Demikian artikel tentang 5 Faktor penyebab berkurangnya atau menyempitnya lahan Pertanian, semoga artikel ini berguna untuk kita lebih bijak penggunaan terhadap lahan pertanian, karena jika terus berkurangnya lahan pertanian terutama sawah, dikhawatirkan akan terjadi krisis pangan bagi kita semua. semoga bermanfaat.

No comments

Post a Comment