-->
Tips resep cara membuat ramuan KUMIS KUCING untuk batuk

Tips resep cara membuat ramuan KUMIS KUCING untuk batuk

Siapa sangka Kumis kucing atau Orthosiphon aristatus mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan, salahsatunya dapat mengobati penyakit batuk, dipercaya sejak zaman dahulu tepatnya didataran cina atau sekarang dikenal dengan nama tiongkok sudah menggunakan tanaman kumis kucing sebagai obat herbal yang dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit, kali ini blog sampul pertanian akan berbagi Tips resep cara membuat ramuan KUMIS KUCING untuk batuk.

Kumis kucing (Orthosiphon aristatus)
Sebelum membahas Tips resep cara membuat ramuan KUMIS KUCING untuk batuk, kita sepintas mengenal apa itu batuk, batuk merupakan sebuah respon yang dilakukan oleh tubuh sebagai sistem pertahanan pada saluran pernafasan dengan cara dikeluarkan melali mulut atau hidung, tujuan batuk yaitu untuk membersihkan lendir dari paru-paru, tenggorokan dan hidung

Penyebab batuk bisa berbagai faktor, bisa terserang flu atau iritasi dan alergi terhadap debu, bulu atau asap. batuk sendiri mempunyai 2 tipe yaitu batu berdahak dan batuk kering, untuk mengobatinya bisa dengan obat kimia dan obat herbal salah satunya dengan ramuan daun kumis kucing.

Adapun cara pembuatan ramuan tanaman kumis kucing untuk batuk adalah sebagai berikut,

bahan-bahan

1. Siapkan daun kumis kucing sebanyak 10-15 gram
2. Air 1 liter
3. Jahe 1 jari

Cara membuatnya,

1. Petik daun kumis kucing yang segar dan tidak bolong, kemudian cuci hingga bersih di usahakan pencucian di air yang mengalir
2. Geprek jahe hingga pipih
3. Rebus air hingga mendidih kemudian masuk bahan seperti daun kumis kucing dan jahe yang sebelumbya sudah di geprek
4. Rebus hingga air tersisa setengahnya, sesudah itu matikan kompor
5. Tunggu ramuan tadi dingin
6. Minum secara rutin 2 sampai 3 kali sehari, minumlah dalam kondisi hangat
7. Bisa ditambahkan teh agar terasa lebih nikmat

Manfaat jahe untuk menghangatkan tubuh dan menghilangkan rasa nyeri saat batuk, demikian tips tentang cara membuat ramuan dari daun kumis kucing untuk batuk, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments