-->
Teki ladang (cyperus rotundus) GULMA tanaman padi

Teki ladang (cyperus rotundus) GULMA tanaman padi

Teki ladang atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan cyperus rotundus, teki ladang adalah salah satu gulma tanaman pertanian, biasanya teki ladang mudah ditemui di pematang sawah atau dilahan yang terbuka. tumbuhan ini termasuk kedalam jenis gulma teki-tekian yang mampu hidup sepanjang tahun.

Teki ladang (Cyperus rotundus)
Teki ladang berkembang biak dengan umbi rimpang, tumbuhan ini mampu beradaptasi dan tumbuh hampir disemua kondisi tanah, dilaporkan bahwa teki ladang mampu hidup diketinggian sampai 1800 diatas permukaan laut, habitat favorit dari teki ladang yaitu ditempat dengan intesitas cahaya yang tinggi.

Teki ladang (Cyperus rotundus) mempunyai banyak sebutan yaitu rumput teki, mota, rukut teki, koreha wai dan rukut wuta, teki ladang mempunyai tinggi tanaman sekitar 0,75 meter dengan siklus hidup sepanjang tahun namun teki ladang dewasa berumur kisaran 21 sampai 56 hari.

Klasifikasi dari teki landang adalah sebagai berikut,

Gulma teki ladang
(Cyperus rotundus)
Kerajaan
Plantae

Angiospermae

Monokotil

Commelinids
Ordo
Poales
Famili
Cyperaceae
Genus
Cyperus
Spesies
C. rotundus


Morfologi dari teki ladang (Cyperus rotundus) adalah sebagai berikut,

1. Akar

Teki ladang mempunyai akar yang serabut dan diantara akar tersebut tumbuh umbi yang langsung berhubungan dengan batang teki ladang

2. Umbi

Umbi dari teki ladang berbentuk rimpang yang dapat membentuk tunas baru

3. Batang

Batang dari teki ladang mempunyai bentuk segita dan tumbuh tegak, tinggi batang bisa mencapai 10-30 cm

4. Daun

Teki ladang mempunyai jumlah daun antara 4-10 helai yang terkumpul pada tangkal batang

5. Bunga

Teki ladang mempunyai bunga, bunga teki ladang mampu bercabang tiga sampai sembilan

6. Biji

Teki ladang mempunyai sepuluh sampai empat puluh buliran biji yang tersusun berselang, biji dari teki ladang berbentuk panjang dengan kurang lebih 3mm dan berwarna coklat kemerahan.

Demikian keterangan singkat tentang gulma teki ladang (Cyperus rotundus), hama ini dikendalikan dengan cara penyemprotan dengan herbisida atau dilakukan pencabutan sampai umbinya agar tidak mampu tumbuh kembali
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments