Monday, January 23, 2017

Semanggi (Marsilea minuta L) Gulma tanaman padi

Semanggi atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan marsilea minuta L merupakan salah satu gulma pada tanaman padi, karena tumbuhan semanggi ... thumbnail 1 summary

Semanggi atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan marsilea minuta L merupakan salah satu gulma pada tanaman padi, karena tumbuhan semanggi mudah ditemukan diarea pesawahan atau didaerah yang dialiri sungai, seperti aliran irigasi, danau dan pinggiran sungai.

Semanggi (Marsilea minuta L) 
Tumbuhan semanggi mempunyai warna daun yang hijau dan mempunyai ukuran daun tidak terlalu besar yakni sekitar 2-3 cm. tumbuhan semanggi termasuk kedalam jenis tanaman paku pakuan air ini bisa dijadikan olahan makanan, seperti didaerah di Surabaya semanggi di olah menjadi pecel dengan bumbu kacang sedangkan untuk didaerah saya daun semanggi disajikan dengan bumbu rujak.

Untuk konsumsi daun semanggi yang harus diperhatikan adalah tempat tumbuhnya semanggi, karena semanggi mempunyai sifat bioremediasi atau sifat tanaman yang mampu menyerap logam-logam berat seperti kadmium (Cb) dan Timbal (Pb). karena efek dari logam berat bagi manusia akan keracunan dan menggangu kesehatan terutama jangka panjang, namun bukan hanya itu, semanggi juga sangat bermanfaat karena mengandung fitoestrogen yang berfungsi mendegah osteoforosis.

Klasifikasi Tumbuha Semanggi
Kingdom : Plantae
Class : Polypodiopsida
Division : Pteridophyta
Order : Salviniales
Family : Marsileaceae
Genus : Marsilea

No comments

Post a Comment