Saturday, January 7, 2017

Pohon mangga agar cepat berbuah, begini caranya.

Jika anda merasa telah lama menanam pohon mangga namun tidak kunjung berbuah, sudahkah anda melakukan perlakuan khusus pada tanaman mangga ... thumbnail 1 summary

Jika anda merasa telah lama menanam pohon mangga namun tidak kunjung berbuah, sudahkah anda melakukan perlakuan khusus pada tanaman mangga anda? Ok... saat ini blog sampul pertanian akan mengambil judul artikel "Pohon mangga agar cepat berbuah, begni caranya".

Pelukaan pada batang pohon merangsang bunga

sebenarnya banyak cara yang harus dilakukan agar pohon mangga cepat berbuah seperti pemberian unsur hara, air, maupun perlakuan khusus pada pohon mangga. adapun perlakuan khusus itu adalah sebagai berikut,

1. Pelukaan pada batang pohon

Pelukaan pada batang pohon yaitu melukai atau mengupas bagian batang pohon dengan cara mencacah batang pohon dengan menggunakan golok atau benda yang dapat melukai atau mengupas batang pohon mangga, pelukaan ini bertujuan untuk menghambat atau menghentikan suplay karbohidrat dari hasil fotosintesis untuk di suplau keseluruh bagian tanaman dengan memutus jaringan floem pada batang tanaman, jaringan floem sendiri pada tanaman berfungsi sebagai jaringan pengangkut untuk transportasi hasil asimilasi dari fotosintesis dan pengangkutan air serta garam-garam mineral dari daun disebar ke seluruh bagian pohon. dengan pelukaan pada batang dapat merangsang terjadinya bunga pada pucuk tanaman.

2. Pemangkasan

Pemangkasan pada tanaman mangga sangat diperlukan karena dengan pemangkasan merangsang terbentuknya dahan-dahan baru yang ditumbuhi daun, dengan banyak daun secara langsung akan menajadikan poses fotosintesis lebih baik dan koarbohidrat yang dihasilkan akan lebih banyak, dengan demikian diharapkan dapat merangsang tumbuhnya bunga.

3. Dilakukan pemupukan

Pemberian pupuk sangat penting, dikarenakan dalam proses pembentuan buah banyak memerlukan unsur hara. pemberian pupuk berupa NPK atau ZPT untuk membantu merangsang pertumbuhan bunga. pemberian jangan terlalu sering.

4. Pengeringan

Proses ini sebenarnya sudah dibantu alam, karena dimusim kemarau proses pengeringan mudah dilakukan. tujuan pengeringan yakni untuk menghambat penyerapan unsur Nitrogen atau N didalam tanah, sehngga akan merangsang terjadinya pertumbuhan pada bunga.

Demikian tips agar pohon mangga cepat berbuah, sebenarnya masih banyak cara yang lain untuk merangsang tumbuhnya bunga untuk menghasilkan buah.

No comments

Post a Comment