Wednesday, January 25, 2017

PESTISIDA NABATI untuk pencegahan dan pengendalian hama Wereng coklat (Nilaparvata lugens)

PESTISIDA NABATI untuk pencegahan dan pengendalian hama Wereng coklat ( Nilaparvata lugens ) - Wereng coklat merupakan hama yang dikategori... thumbnail 1 summary

PESTISIDA NABATI untuk pencegahan dan pengendalian hama Wereng coklat (Nilaparvata lugens) - Wereng coklat merupakan hama yang dikategorikan hama yang berbahaya, karena serangan hama wereng seringkali membuat petani gagal panen, sehingga wereng coklat sebaiknya dilakukan pencegahan sebelum terjadi serangan yang lebih banyak, cara pencegahannya bisa dengan pemberian pestisida nabati.

PESTISIDA NABATI untuk pencegahan dan pengendalian hama Wereng coklat
Untuk pembuatan pestisida nabati untuk pencegahan ataupun pengendalian hama wereng coklat cukup sederhana, pertama yang harus disiapkan yaitu bahan dan alat, adapun cara lebih lengkap adalah sebagai berikut,

Bahan pestisida nabati untuk wereng

Pestisida nabati untuk wereng coklat
(Nilaparvata lugens)
Bahan
Jumlah
Daun sirsak
1/2 Kg
Rimpang jaringao
1 Genggam
Bawang putih
20 Siung
Sabun colek (merk bebas)
20 Gram
Air
20 Liter

Cara pembuatannya

Daun Sirsak, rimpang jaringao dan bawang putih ditumbuk hingga halus, kemudian campurkan sabun colek sebanyak 20 gram, aduk hingga merata, setelah bahan teraduk tambahkan air sebanyak 20 liter, aduk kembali bahan tadi, usahakan saat pengadukan dilakukan pelan-pelan untuk menghindari keluarnya busa karena jika keluar busa akan mempersulit saat pengadukan. setelah dirasa semua bahan sudah teraduk merata, simpan sekurangnya 2-3 hari dari sesudah waktu pembuatan. setelah penyimpanan selama 2-3 hari lakukan penyaringan dengan tujuan untuk mempermudah saat pemakaian.

Dosis aplikasi pemberian pesnab

1 Liter pestisida nabati tadi dapat dicampurkan kedalam 14 liter air, aduk hingga pesnab dan air tercampur, jika dirasa sudah tercampur, pestisida nabati tadi siap untuk di aplikasikan atau disemprotkan.

No comments

Post a Comment