Monday, January 23, 2017

Pare atau Paria adalah sayuran yang pahit namun banyak manfaat

Pare atau paria adalah salah satu tumbuhan merambat dari keluarga cucubitaceae atau keluarga labu-labuan, pare atau paria mempunyai buah y... thumbnail 1 summary

Pare atau paria adalah salah satu tumbuhan merambat dari keluarga cucubitaceae atau keluarga labu-labuan, pare atau paria mempunyai buah yang panjang seperti mentimun namun ditiap sisinya bergerigi. pare merupakan tanaman yang dibudidayakan oleh petani didataran rendah dan sedang, namun kadang bisa dijumpai dapat ditanam di daerah yang tinggi.

Mengenal Pare atau Paria
Klasifikasi Pare atau Paria (Momordica charantia)

Klasifikasi Pare atau Mentimun
(Momordica charantia)
Kingdom
Plantae

Angiosperms

Eudicots

Rosids
Order
Cucurbitales
Family
Cucurbitaceae
Genus
Momordica
Species
M. charantia

Tanaman pare masih berkerabat dengan mentimun, semangka, labu dan termasuk kedalam keluarga Cucurbitaceae, yang mampu tumbuh dengan cara merambat. pare mempunyai rasa yang pahit, dengan rasanya yang pahit terkadang banyak masyarakat kurang untuk mengkonsumsinya, namun kebutuhan pare atau paria di pasaran cukup stabil jika dibandingkang dengan kebutuhan mentimun.

Rasanya yang pahit ternyata mengandung banyak manfaat bagi tubuh kita terutama untuk kesehatan dan untuk menjaga stamina kita. salah satu manfaat dari pare atau paria adalah memperlancar pencernaan karena mengandung banyak serat dan dapat menurunkan gula darah karena pare atau paria mengandung phyto polipeptida.

Kandungan yang terdaat dalam pare atau paria cukup lengkap, selain kandungan serta yang tinggi pare juga mengandung berbagai vitamin dan mineral contohna vitamamin A, vitamin B6 dan mineral seperti Kalsium, Magnesium, Kalium dan Posfor yang baik untuk tubuh kita.

Pare dapat dikonsumsi secara langsung sebagai lalapan, anda juga bisa  mengolah pare menjadi bahan olahan makanan seperti tumis, oseng-oseng, dan sayur pare tentunya bisa dikombinasikan dengan jenisa bahan makanan lainnya.

No comments

Post a Comment