Wednesday, January 4, 2017

Mengenal Sirih merah (Piper ornatum)

Kali ini blog sampul pertanian sedikit membahas tentang tanaman sirih merah, agar kita bisa lebih tahu dan mengenal sirih merah (Piper orna... thumbnail 1 summary

Kali ini blog sampul pertanian sedikit membahas tentang tanaman sirih merah, agar kita bisa lebih tahu dan mengenal sirih merah (Piper ornatum). Sirih merah adalah salah satu jenis tanaman sirih yang mempunyai warna merah dibalik daunnya dengan berbagai kandungan zat yang bermanfaat bagi kesehatan dan daya tahan tubuh kita.

Mengenal Sirih merah (Piper ornatum)

Sirih merah sering dijadikan obat herbal untuk mengobati diabetes militus, asam urat, kolesterol, mag sampai untuk keputihan dan menghaluskan kulit, sirih merah sendiri di klaim berasal dari Benua Amerika, dinegara asalnya tanaman sirih merah merupakan tanaman yang tidak di budidayakan.

Banyaknya manfaat dari tanaman sirih merah menjadikan sirirh merah salah satu obat herbal yang sering dipakai oleh masyarakat, menurut sebuah artikel, sirih merah banyak mengandung pelifenol, alkaloid, eugenol, flavonoid, karvakol dan kandungan minyak atsirih, dari banyak kandungan yang ada didalam tanaman sirih merah, daun lah yang paling banyak mengandung zat-zat tadi diatas.

Umumnya masyarakat mengkonsumsi tanaman sirih merah dengan cara membuat rebusan dari daun sirih merah dengan kemudian larutan tersebut di minum secara teratur. kebutuhan daun sirih merah hanya 2-3 helai daun saja.

Rasa dari sirih merah sangat pahit, sehingga jarang masyarakat menyukainya. sebenarnya dengan hanya 1 helai saja bisa membuat air dalam satu panci bisa terasa pahit. jika anda mempunyai gejala seperti kolesterol sangat disarankan meminum larutan sirih merah sejara teratur untuk mencegah kadar kolestero di dalam tubuh meningkat.

No comments

Post a Comment