-->
Mengenal Bayam duri (Amaranthus Spinosus L.) sebagai Gulma

Mengenal Bayam duri (Amaranthus Spinosus L.) sebagai Gulma

Siapa yang tidak mengenal baya, ya.. saya kira hampir semua mengenal apa itu bayam, bayam mempunyai beberapa jenis, seperti bayam hijau, bayam merah dan bayam duri. dari semua jenis bayam ini ada salah satu bayam yang dianggap sebagai gulma yakni bayam duri.

Mengenal Bayam duri (Amaranthus Spinosus L.) sebagai Gulma
Bayam duri di anggap sebagai gulma tergantung pada tempat dia tumbuh, jika bayam duri tumbuh dilahan pertanian tanaman budidaya seperti padi dan tanaman palawija lainnya, bayam duri bisa dikatakan sebagai gulma, namun jika bayam duri tumbuh secara berkelompok dengan tujuan dibudidayakan, maka bayam duri tidak disebut dengan gulma melainkan menjadi tanaman budidaya.

Bayam duir diperkirakan berasal di daerah Amerika latin, seperti dinegara Argentina, Peru dan Bolivia dan akhirnya bayam tiba di kawasan Asia tenggara, salah satu penyebaran jenis bayam duri yakni didaerah Indonesia. tumbuhan bayam duri termasuk kedalam family Amaranthaceae, untuk klasifikasi lebih lengkap tenang tumbuhan bayam duri adalah sebgai berikut,

Gulma Byam Duri
(Amaranthus spinosus L)
Kingdom
Plantae

Angiosperms

Eudicots

Core eudicots
Order
Caryophyllales
Family
Amaranthaceae
Genus
Amaranthus
Species
A. spinosus

Bayam duri (Amaranthus Spinosus L.) mempunyai batang yang tegak, dengan mempunyai cabang disetiap cabang tersebut terdapat duri yang kecil-kecil, namun sama halnya dengan jenis bayam lainnya, bayam duripun bisa dikonsumsi karena kandungan didalam bayam duri hampir sama dengan kandungan bayam yang umum dikonsumsi kita, namun untuk diperhatikan bayam duri sebaiknya jangan diberikan kepada ternak dikarenakan bayam duri akan menjadi racun jika dikonsumsi hewan ternak.

Siklus hidup dari bayam duri adalah sepanjang tahun sedangkan untuk masa dormasi biji tumbuhan bayam duri sekitar 4 bulan, untuk tumbuh bayam duri tidak memerlukan cahaya yang banyak untuk berkecambah, namun bayam duri dewasa akan tumbuh baik jika berada dibawah sinar matahari yang maksimal.

Bayam duri dapat ditemui hampir disemua ketinggian, bahkan bayam duri mampu hidup di ketinggian 1.800 meter dari ketinggian diatas laut. untuk pengendalian gulma bayam duri bisa dilakukan dengan cara pencabutan secara langsung
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments