Sunday, January 15, 2017

Manfaat jerami untuk pertumbuhan tanaman padi

Seringkali jerami diperlakukan sebagai limbah dari hasil pertanian, jerami hanya sekedar ditumpuk dipinggiran pematang atau bahkan dibakar ... thumbnail 1 summary

Seringkali jerami diperlakukan sebagai limbah dari hasil pertanian, jerami hanya sekedar ditumpuk dipinggiran pematang atau bahkan dibakar begitu saja untuk membersihkan lahan pertanian. padahal banyaknya manfaat yang terdapat didalam kandungan jerami terutama, diantara banyaknya manfaat dari jerami, salah satunya Manfaat jerami untuk pertumbuhan tanaman padi.

Manfaat jerami untuk pertumbuhan tanaman padi
Adapun manfaat jerami untuk pertumbuhan tanaman padi adalah sebgai berikut,

1. Tanah menjadi sehat

Dengan pemberian jerami, tanah akan lebih gembur dan bisa menjaga kelembaban sehingga membantu pertumbuhan akar pada tanaman padi.

2. Manambah jumlah anakan

Anakan yang akan keluar dari tanaman padi akan lebih banyak jika diberikan jerami pada media tanamnya.

3. Perakaran sehat

Perakaran tanaman padi akan tumbuh dan menyebar dengan baik sehingga penyerapan unsur hara pun lebih banyak.

4. Memenuhi unsur hara bagi tanaman

Dengan pemberian jeramai, dapat membantu menambahkan unsurhara yang dibutuhkan oleh tanaman, sehingga kebutuhan pupuk kimia bisa lebih dikurangi.

5. Menghidupkan kembali organisme tanah

Jerami yang membusuk dapat membantu menghidupkan kembali aktifitas oranisme yang berguna untuk pertumbuhan tanaman

6. Tanaman tidak mudah rebah

Kandungan yang terdapat didalam jerami dapat membantu tanaman menjadi lebih sehat dan batang padipun bisa lebih kuat sehingga tanaman padi tidak mudah rebah.

Nah.. sudah tahukan manfaat jerami bagi pertumbuhan tanaman padi, jadi jika ada jeramai jangan hanya disimpan atau dibakar begitu saja, gunakan jerami sebagai pupuk organik atau bisa lebih mudah jerami dihamparankan saja di pertakan sawah biarkan jerami membusuk sehingga saat pengolahan lahan jerami sudah bisa lebih lunak.

Hal yang harus dihindari, jika jerami ada yang mengandung  penyakit atau virus sebaiknya dihindari untuk dijadikan pupuk, karena penyakit dan virus seperti virus tungro adan menular jika jeraminya disatukan degan tanaman sehat, untuk menghindari nya bisa memisahkan jerami yang terkena tungro dan bakar.

No comments

Post a Comment