Sunday, January 8, 2017

Manfaat dan Keuntungan menggunakan Mulsa

Pemasangan mulsa dalam pertanian tidak asing lagi terutama untuk budidaya pertanian palawija dan sayuran, tanaman yang sering menggunakan m... thumbnail 1 summary

Pemasangan mulsa dalam pertanian tidak asing lagi terutama untuk budidaya pertanian palawija dan sayuran, tanaman yang sering menggunakan mulsa adalah tanaman tomat, cabai, sawi, kubis dan masih banyak lainnya. dengan menggunakan mulsa tanaman bisa terhindar dari serangan gulma dan terlihat rapih pada area tanaman. selain dari itu manfaat dan keuntungan menggunakan mulsa masih banyak diantaranya sebagai berikut, 

Manfaat dan Keuntungan menggunakan Mulsa

1. Terhindar dari gulma

Dengan menggunakan mulsa plastik dapat terhindar dari gulma, dikarenakan areal untuk ditanami hanya cukup untuk tanaman yang akan dipelihara, selebihnya akan tertutup oleh mulsa.

2. Mencegah hama dan penyakit tanaman

Mulsa plastik umumnya berwarna perak pada bagian atasnya, sehingga dapat memantulkan cahaya dari atas dan dapat mengenai bagian bawah daun sehingga hama yang ada dibawah daun akan terganggu dan bahkan pergi. dan kelembaban dalam tanah bisa stabil 

3. Menjaga kelembaban tanah

Dengan menggunakan mulsa dapat menjaga kelembaban didalam tanah, disaat kemarau air tidak mudah menguap dan disaat musim penghujan tidak terjadi genangan atau becek yang mengakibatkan busuknya akar.

4. Terhindar dari kehilangan pupuk

Pupuk yang diberikan untuk tanaman tidak mudah hilang terbawa arus air disaat hujan karena pupuk akan terlindungi oleh plastik mulsa dan menjaga unsurhara didalam tanah.

5. Menghemat biaya

Harga yang cukup mahal dari plastik mulsa sebenarnya masih lebih murah jika dilihat dari banyak keuntungan yang didapat menggunakan mulsa plastik seperti terhindar dari gulma, hama dan penyakit sehingga bisa menghemat pembelian pestisida. serta bisa menghemat untuk biaya penyiangan.

6. Meningkatkan produksi panen

Terhindarnya hama dan penyakit serta menjaga ketersediaan unsur hara mengakibatkan pertumbuhan pada tanaman bisa lebih baik dan dapat menghasilkan produksi dari tanaman dapat meningkat.

7. Terlihat rapih sehingga mudah untuk pengendalian dan pemupukan

tentunya dengan menggunakan mulsa, areal tanaman akan terlihat rapih dan mempermudah pengendalian hama penyakit serta pemupukan.

8. Mencegah erosi pada bedengan

menggunakan mulsa plastik dapat mencegar terjadinya erosi pada bedengan, sehingga bedengan akan terjaga pada saat hujan.

No comments

Post a Comment