Wednesday, January 18, 2017

Manfaat Azolla untuk Pertanian, Perikanan dan Peternakan

Azolla, ya.. mungkin sebagian orang belum mengenalnya apa itu azolla, Azolla merupakan tumbuhan dari jenis paku-pakuan yang mampu tumbuh di... thumbnail 1 summary

Azolla, ya.. mungkin sebagian orang belum mengenalnya apa itu azolla, Azolla merupakan tumbuhan dari jenis paku-pakuan yang mampu tumbuh dipermukaan air, seperti kolam, danau, rawa dan pesawahan. ketidak tahuan kita tentang Azolla seringkali tanaman dengan kaya manfaat ini hanya disingkirkan begitu saja karena dikira gulma pada tanaman.

Manfaat Azolla untuk Pertanian, Perikanan dan Peternakan
Baca Juga : Mengenal Azolla

Tumbuhan azolla sangat bermanfaat pada bidang pertanian, perikanan dan peternakan, adapun manfaat dari tumbuhan azolla ini adalah sebagai berikut,

1. Manfaat Azolla untuk pertanian

Dalam bidang pertanian terutama dalam bidang budidaya, Azolla sangat bermanfaat karena tumbuhan Azolla mampu mengikat Nitrogen (N) didalam udara sehingga dengan menanam azolla di sekitaran tanaman akan membantu menyuplai unsur hara terutama Nitrogen dan mampu menghemat untuk pembelian Urea, selai itu manfaat Azolla dala pertanian bisa dijadikan sebagai pupuk hijau yang kaya akan unsur hara. dibeberapa artikel, kandungan Azolla mampu memenuhi kebutuhan unsur hara bagi tanaman, rekomendasi pemberian Azolla segar untuk 1 hektar kisaran 20 ton, namun jika sudah dijadikan kompos hanya membutuhkan 5-6 ton saja untuk keperluan perhektar, kandungan azolla dari jumlah berapnya dapat mengandung Nitrogen (N) kisaran 3 - 5% dari bobot azolla, fospor (P) kisaran 0,5 sampai 0,9% dan Kalium (K) kirasan 2-4,5%. Sedangkan unsur lainnya yang tentunya berguna bagi tanaman seperti  Magnesium (Mg) 0,5-0,6$,  Fero (Fe) 0,06-0,26%, Calsium (Ca) 0,4-1%, dan Mangan (Mn) 0,11-0,16%.

2. Manfaat Azolla untuk perikanan

Tumbuhan azolla juga bisa dimanfaatkan didalam bidang perikanan, manfaat dai azolla sendiri bisa dijadikan sebagai pakan buatan, namun pakan dari bahan azolla sangat kaya akan nutrisi bagi ikan, kandungan nutrisi yang ada didalam pakan buatan berbahan baku azolla adalah sebagai berikut, kandungan karbohidrat dari azolla bisa mencapai 6,5% dari bobot berat, lemak 7,5%, serat pada azolla mengandung 13% dan yang lebih tinggi yakni kandungan proteinnya dikisaran 31%. selain kandungan yang kaya diatas, azolla juga bermanfaat sebagai penjernih air pada kolam.

3. Manfaat Azolla untuk peternakan

Sama halnya dengan pemanfaatan Azolla untuk perikanan, azolla untuk peternakan pun sangat bermanfaat karena banyak mengandung protein yang berguna bagi hewan ternak. pemberian azolla yakni dengan cara dibuat pekan terlebih dahulu, pemberian pakan dengan azolla diusahakan diberikan dalam keadaan kering. karena jika dalam keadaan basah dikhawatirkan ternak akan mengalami diare karena masih banyak kadar air yang tersedia.

4. Tambahan, Manfaat Azolla sebagai media tanam

Bagi yang hobi akan tanaman hias atau hobi tanaman yang menggunakan media tanam didalam pot, azolla bisa dijadikan media tanam dengan perbandingan 3;1;1, yakni 3 takaran kompos azolla, 1 takaran tanah dan 1 takaran pasir.

Demikian Manfaat dari Azolla untuk Pertanian, Perikanan dan Peternakan, informasi ini dirangkum dari beberpa artikel. akhir kata semoga bermanfaat.

No comments

Post a Comment