Tuesday, January 17, 2017

Kandungan Kemiri atau Muncang (Aleurites moluccana)

Kandungan Kemiri atau Muncang (Aleurites moluccana) - Kemiri merupakan salahsatu rempah-rempah yang kaya akan kandungan yang bermanfaat bag... thumbnail 1 summary

Kandungan Kemiri atau Muncang (Aleurites moluccana) - Kemiri merupakan salahsatu rempah-rempah yang kaya akan kandungan yang bermanfaat bagi tubuh kita, kandungan yang terdapat didalam biji kemiri ini bermanfaat berbagai macam mulai dari bumbu, kecantikan sampai pada kesehatan, umunya kemiri diproses untuk dijadika minyak terlebih dahulu sebelum siap untuk dimanfaatkan atau digunakan.

Kandungan Kemiri atau Muncang (Aleurites moluccana)
Dengan dijadikannya kemiri sebagai minyak, kemiri dapat dihargai lebih mahal jika dibandingkan hanya menjual biji kemiri begitu saja, penggunaan minyak kemiri pada kecantikan digunakan untuk merawat rambut, dengan diberikannya minyak kemiri rambut menjadi lebih sehat, hitam dan lebih tebal.

Sebelum membahas dari manfaat biji kemiri atau muncang, alangkah lebih baik kita lihat terlebih dahulu kandungan yang terdapat didalam biji kemiri ata muncang ini, adapun kandungannya dapat dilihat ditabel berikut ini.

Kandungan nutrisi per 100 gram Kemiri
Energi
1.979 kj
Kalori
473.0
Lemak
49,9 gram
Karbohidrat
0 gram
Kalium
876 mg
Kalsium
140 mg
Sodium
14 mg
Magnesium
410 mg
Besi
2,7
Fospor
1.060
Vitamin B1
4,2 mg
Vitamin B2
0 mg
Vitamin B3
1,3 mg
Asam Oleat
15%
Asam Linoleat
40%
Asam Linolenat
50%

Dari kandungan yang terdapat didalam biji kemiri atau muncang diatas, seringkali kemiri dijadikan bahan baku dari kecantikan terutama untuk perawatan rambut dengan dijadikannya sebagai minyak, namun untuk beberapa orang penggunaan minyak kemiri ini jangan terlalu berlebih karena akan terjadi efeksamping berupa gatal dan merah-merah pada kulit kepala.

No comments

Post a Comment