Friday, January 27, 2017

Daun KARUK atau Kaduk (Tanaman Herbal, Manfaat dan Kandungan)

Tanaman karuk atau kaduk adalah tanaman yang hampir sama dengan tanaman sirih, dengan warna yang hijau dan bentuk yang sama seringkali daun... thumbnail 1 summary

Tanaman karuk atau kaduk adalah tanaman yang hampir sama dengan tanaman sirih, dengan warna yang hijau dan bentuk yang sama seringkali daun tanaman karuk disebut sebagai tanaman sirih tanah. tanaman karuk kaya akan manfaat terutama terletak pada daunnya.

Daun KARUK atau Kaduk (Tanaman Herbal, Manfaat dan Kandungan)
Menurut beberapa artikel dan tanaman karuk dapat mudah ditemui didaerah Asia Tenggara termasuk di Indonesia, tanaman karuk tumbuh menjalar atau merambat, mempunyai warna daun yang hijau mengkilat dengan ukuran lebar daun 5-10 cm serta tangkai nya 0,5-1,5 cm.

Tanaman karuk digolongkan kedalam family Piperaceae, atau tanaman sirih-sirihan dengan mempunyai ciri daun yang lebar dengan ujungnya yang meruncing berbentuk hati, tanaman karuk dapat diklasifikasikan sebagai berikut,

Klasifikasi tanaman Karuk
(Piper sarmentosum)
Kingdom
Plantae

Angiosperms

Magnoliids
Order
Piperales
Family
Piperaceae
Genus
Piper
Species
P. sarmentosum

Tanaman karuk termasuk kedalam tanaman herbal atau tanaman obat, karena didalam kandungan tanaman karuk terutama pada daunnya sangat bermanfaat bagi kesehatan bahkan bisa mengobati beberapa penyakit, kandungan yang terdapat didalam daun karuk seperti saponin, polifenol dan flavanoid sangat bermanfaat bagi tubuh kita ditambah lagi kandungan seperti vitamin dan meineral lainnya.


Tanaman karuk dipercaya bisa dijadikan sebagai bahan obat obat tradisional dan bisa mengobati berbagai jenis penyakit seperti asma, sakit perut, linu, malaria dan penyakit lainnya, cara penyajian pun terbilang cukup sederhana yakni hanya dengan membuat rebusan dari daun tanaman karuk dan dikonsumsi secara teratur.

No comments

Post a Comment