Tuesday, January 17, 2017

Cara mengawetkan Jengkol agar tahan lama

Siapa yang tidak mengenal jengkol, dari mulai masyarakat umum sampai selebriti nasionalpun peminat dari jengkol, sebut saja penyanyi Dangdu... thumbnail 1 summary

Siapa yang tidak mengenal jengkol, dari mulai masyarakat umum sampai selebriti nasionalpun peminat dari jengkol, sebut saja penyanyi Dangdut Iis Dahlia, ia merupakan salahsatu penggemar dari masakan jengkol.

Cara mengawetkan Jengkol agar tahan lama
Jengkol adalah tanaman dari jenis polong-polongan dan merupakan tanaman khas didaerah negara-negara Asia tenggara, seperti Malaysia dan Indonesia, tanaman yang mempunyai nama latin Archidendron pauciflorum ini mempunyai bau yang khas yang seakan dibenci namun dirindukan bagi penggemarnya.

Kali ini blog Sampul Pertanian akan berbagi tips tentang cara mengawetkan Jengkol agar tahan lama, di kutip dari artikel Mangyono.com tentang Cara Membuat Sepi Atau Mengawetkan Jengkol Dengan Dipendam Tanah, bahwa untuk mengawetkan jengkol itu terbilang sederhana yakni cukup dengan ditimbun atau dipendam jengkol pun mampu bertahan lama. bahkan mampu tahan sampai berbulan-bulan.

Langsung saja kita praktikan bagaimana Cara mengawetkan Jengkol agar tahan lama, pertama yang harus disiapkan adalah jengkol, karena jengkol lah yang akan kita awetkan, selanjutnya alat yang diperlukan berupa kored atau cangkul kecil. 

Caranya cukup mudah dan sederhana yakni kita cari lahan atau tanah yang dinaungi dari hujan, selanjutnya gali tanah tersebut sedalam 20-30 cm atau seperlunya saja asal tidak terlalu dalam dan dangkal. kemudian jengkol tadi masukan kedalam lubang yang sudah kita buat tadi, setelah dirasa sudah dimasukan dan dirapihkan jengkol kembali di timbun dengan tanah. dan selesai lah cara mengawetkan jengkol tersebut. catatan tambahan, jika menimbun atau memendam didalam tanah tanpa naungan dan dibiarkan terkena hujan, maka jengkol tadi akan menjadi kecambah atau bahkan bisa tumbuh menjadi tunas pohon jengkol.

Dengan cara dipendam didalam tanah jengkol mampu tahan lama bahkan bisa tahan 3 bulan. jengkol yang sudah diawetkan tersebut disebut dengan "Sepi" keunggulan sepi dibanding jengkol adalah sepi tidak terlalu berbau jika dimasak dan rasayapun menjadi sedikit empuk.

Untuk lebih jelas tentang bagaimana cara mengawetkan Jengkol lebih tahan lama bisa kunjungi langsung blog Mangyono.com tentunya tentang Cara Membuat Sepi Atau Mengawetkan Jengkol Dengan Dipendam Tanah. akhir kata, selamat mencoba

Tribute : mangyono.com

No comments

Post a Comment