Friday, January 20, 2017

Cara mengawetkan bawang agar tidak mudah busuk dan tahan lama

Bawang merupakan salah satu bahan bumbu masakan yang sering dipakai, hampir setiap bawang sering digunakan baik itu bawang merah, bawang p... thumbnail 1 summary

Bawang merupakan salah satu bahan bumbu masakan yang sering dipakai, hampir setiap bawang sering digunakan baik itu bawang merah, bawang putih dan jenis bawang lainnya, dengan seringnya dibutuhkan sebagai bahan utama sebagai bumbu masakan.

Cara mengawetkan bawang agar tidak mudah busuk dan tahan lama
Bawang dengan diperlukannya setiap saat, seringkali kita akan membelinya dalam jumlah yang cukup banyak untuk disimpan dan digunakan dilain nanti, namun pembelian dalam jumlah cukup banyak itu seringkali kita alami bawang yang dibeli akan menguluarkan air dan berwarna kehitaman sehingga bawang menjadi busuk dan tidak tahan lama, dan akhirnya bawang yang kita beli tadi untuk persediaan tidak bisa digunakan dan dibuang.

Lantas bagaimana cara mengawetkan bawang agar tidak mudah busuk dan tahan lama walau tanpa kulkas, caranya terbilang sederhana, adapun tips dan caranya sebagai berikut,

1. Memilih bawang yang segar

Langkah ini sangat penting, karena dengan memilih bawang yang segar peluang tahan lamanya bawang akan lebih besar dibandingkan dengan memilih bawang yang sudah tidak segar.

2. Sesudah itu bawang jangan di kupas.

Untuk mengawetkan bawang tanpa kulkas sebaiknya bawang jangan dikupas, bawang cukup dibiarkan saja masih dibungkus dengan cangkangnya. hal ini menghindari pembusukan dan bisa menahan bawang tahan lama.

3. Jemur bawang di sinar matahari

Penjemuran bawang sangat diperlukan untuk mengawetkan bawang, karena dengan penjemuran kadar air didalam bawang akan berkurang sehingga bawang tidak mudah mengeluarkan air dan tidak mudah busuk, biasanya penjemuran dilakukan dari pagi sampai sore hari

4. Penyimpanan bawang

Penyimpanan bawang diusahan di ruang terbuka tanpa disimpan didalam wadah tertutup, hal ini menjaga agar bawang bisa tahan lama dan mengalami penguapan kadar air selanjutnya dengan cara ini bawang akan tahan lama.

Langkah diatas merupakan cara sederhana untuk mengawetkan bawang, semua jenis bawang bisa diawetkan dengan cara diatas, namun untuk jenis bawang daun saja yang tidak bisa diawetkan dengan tips dan cara diatas, karena bawang daun kadar airnya terlalu banyak, jika di jemur bawang daun akan layu dan tidak segar lagi dan bahkan akan mengering.

Sekian blog sampul pertanian berbagi tips, tentang cara mengawetkan bawang dengan sederhana tanpa menggunakan kulkas naumn bisa tahan lama dan tidak mudah busuk.

No comments

Post a Comment