Friday, January 6, 2017

Cara menanam buah naga dengan stek dan berhasil

Pernah berpikir mencoba menanam buah naga dipekarangan rumah? ini lah yang saya pernah rasakan, saya pernah mencobanya dengan menanam buah ... thumbnail 1 summary

Pernah berpikir mencoba menanam buah naga dipekarangan rumah? ini lah yang saya pernah rasakan, saya pernah mencobanya dengan menanam buah buah naga tepatnya dipekarangan depan rumah saya, lantas bagai mana cara menanam buah naga dengan stek dan berhasil?

Menanam buah naga dengan stek
Sebelum berbagi tips cara menanam buah naga dengan stek, alangkah baiknya kita mengenal sedikit tentang buah naga, buah naga atau sering dikenal dengan sebutan Dragon fruit, sekarang sedang terkenal dikalangan masyarakat, dengan mempunyai rasa yang dingin dan menyejukan teggorokan, buah naga pun mempunyai banyak KANDUNGAN dan MANFAAT untuk tubuh dan kesehatan kita. 

Persiapan yang harus disiapkan meliputi bahan dan alat yang akan digunakan, adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut,

1. Siapkan Bibit Stek tanaman buah naga

langkah ini merupakan langkah utama, pilih lah bibit stek tanaman buah naga yang baik dan tidak terkena penyakit, agar pertumbuhan bisa sesuai yang diharapkan.


2. Siapkan Media tanam

media tanam yang digunakan untuk menanam buah naga menggunakan campuran komposisi tanah, kompos, arang sekam, dengan perbandingan 2:1:1

3. Polybag

persiapkan polybag untuk tempat tumbuh stek tanaman buah naga, namun selain dengan polybag pun bisa, bisa menggunakan karung, ember bekas atau pot

4. Siapkan Alat penunjang

Persiapan alat penunjang merupakan hal penting dalam menanam buah naga, alat penunjang seperti Cangkul, Sekop kecil, alat potong dan lain-lain

Cara menanam
a. Pertama, siapkan bibit untuk ditanam dengan cara potong sekitar 25-35 cm meter batang tanaman buah naga untuk dijadikan stek, diusahakan pemilihan batang jangan yang masih muda.

b. Siapkan media tanam, media tanam yang digunakan adalah tanah, kompos dan arang sekam dengan perbandingan 2:1:1 kemudian diaduk hingga rata, setelah dirasa suda tercampur dengan rata,masukan kedalam polybag secara perlahan, pengisian media tanam jangan terlalu padat tapi jangan terlalu jarang, usahan pas.

c. Penanaman stek tanaman buah naga dengan cara cukup ditancapkan kedalam media tanam, setelah ditancapkan pasanglah ajir untuk menahan aga stek buah naga tidak jatuh atau roboh jika terkena hujan dan angin.

d. Perawatan stek buah naga cukup dengan cara disiram saja, jika musim kemarau usahakan kurangi penyiraman, karena tanaman sudah tersiram air hujan.

e. Jika sudah terlihat tumbuh dan mengeluarkan akar, stek tadi bisa dipindahkan ke lahan atau pekarangan agar bisa tumbuh dengan lebih baik.

NB : Cara ini bisa dengan tanam langsung diatas tanah tanpa harus menggunakan pot atau poly bagi terlebuh dahulu.

Demikian blog sampul pertanian berbagi tentang cara menanam buah naga dengan stek dan berhasil, akhir kata selamat mencoba..

No comments

Post a Comment