Monday, January 9, 2017

Cara memasang Mulsa

Cara memasang Mulsa - Mulsa merupakan plastik perak yang digunakan untuk melindungi bedengan dengan maksud menjaga kelembaban dan menekan p... thumbnail 1 summary

Cara memasang Mulsa - Mulsa merupakan plastik perak yang digunakan untuk melindungi bedengan dengan maksud menjaga kelembaban dan menekan pertumbuhan gulma, hama dan penyakit pada tanaman budidaya, mulsa juga sebenarnya tidak hanya berbentuk plastik bisa dengan sepihan kayu, jeramai namun secara umum masyarakat memakai mulsa dengan plastik.

Cara memasang Mulsa
Cara pemasangan mulsa mempunyai banyak tahapan, diantaranya,

1. Siapkan mulsa

mulsa yang disediakan dengan ukuran 120 cm, untuk pemasangan lebar bedengan 100cm, bentangkan sesuai panjang bedengan.

2. Pemotongan mulsa

Mulsa dipotong sesuai ukuran panjang bedengan, kemudian panjang tersebut kurangi sepanjang 0,5-1 meter karena panjang mulsa akan memuai terkena panas dan tertarik pada saat pemasangan.

3. Siapkan pasak dari bambu

Siapkan pasak dari bambu sepanjang 140 cm atau lebih panjang dari lebar mulsa, pasak diusahak yang lentur agar mudah menancapkanya pada tanah.

4. Gulung mulsa plastik pada pasak

Penggulungan mulsa jangan terlalu tebal, penggulungan disesuaikan agar tidak copot saja pada saat pemasangan, setelah di gulung tancapkan pasak tadi kedalam tanah.

5. Menyiapkan lubang tanam

Pembuatan lubang tanam dilakukan pengukuran jarak tanam yang di inginkan dan ditandai dengan menusukan bambu, usahakan tanda untuk lubang tanam lurus agar terlihat rapih.

6. Membuat lubang tanam

Membuat lubang tanam dengan cara memanaskan lat pelubang musa dengan arang, alat untuk melubangi bisa terbuat dari kaleng susu bekas atau membuat lingkarang dengan diameter 10-15 cm.

No comments

Post a Comment