Tuesday, January 24, 2017

Buah Tin (Ficus carica L.)

Buah Tin (Ficus carica L.) mengenal lebih dekat - Buah tin atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan Ficus carica L ., namun orang inggris me... thumbnail 1 summary

Buah Tin (Ficus carica L.) mengenal lebih dekat - Buah tin atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan Ficus carica L., namun orang inggris menyebutnya dengan nama Common fig, buah ini diperkirakan berasal dari negara mesir kemudian menyebar ke yunani dan akhirnya kita bisa jumpai di Indonesia. namun ada juga yang menyebutkan buah tin sudah dibudidayakan sejak 6000 tahun yang lalu didataran mediterania.

Buah Tin (Ficus carica L.) 
Pada zaman Yunani kuno buah tin digunakan sebagai buah pendamping diet dan pada masa itu buah tin sangat berharga sehingga buah tin dengan kualitas terbaik dilarang keluar dari yunani sedangkan menurut mitos romawi, buah tin dianggap sebagai buah suci dan sangat dihargai dikarenakan menurut kepercayaan romawi kuno, Romulus dan remus suka beristirahat dibawah pohon ara atau buah tin.

Klasifikas dari buah Tin atau buah Ara (Ficus carica L.)

Klasifikas dari buah Tin atau buah Ara
(Ficus carica L.)
Kingdom
Plantae

Angiosperms

Eudicots

Rosids
Order
Rosales
Family
Moraceae
Tribe
Ficeae
Genus
Ficus
Subgenus
Ficus
Species
F. carica

Tanaman buah tin atau buah ara ini mempunyai tinggi tanaman 3-10 meteran, mempunyai bentuk daun cukup besar yakni panjang daun 12-25 cm dan diameternya kisaran 10-18 cm. daun tanaman buah tini mempunyai tulang daun dan mempunyai 3 sampai 5 ruas ditiap daunnya, permukaan daun dari tanaman buah tin ini mempunyai struktur kasar pada sisi atasnya sedangkan sisi bawahnya mempunyai struktur yang lembut, batang tanaman buah tin mempunyai banyak getah yang berwarna putih seperti susu. menurut salah satu artikel getah nya bisa sebagai pengganti latek pada getah pohon karet, tanaman ini mempunyai warna hijau disaat mentah dan berwarna ungu ke merahan diwaktu matang.

Habitat dari buah tin dapat tumbuh baik didataran tropis karena buah tin mampu bertahan dengan kadar air yang sedikit. namun sekarang buah tin dapat ditanam didaerah dengan iklim 4 musim sesuai varietas yang ditanam, namun untuk didaerah yang mempunya 4 musim, budidaya buah tin ini perlu adanya perlakuan khusus.

Varietas dari buah tin sekarang sudah mempunyai banyak varietasnya, menurut salah satu artikel buah tin mempunyai sekurangnya 50 varietas diseluruh dunia, adapun beberapa nama varietas dari buah tin seperti berikut, Blue Giant, Green Yordan, Texas Everbearing, Masui Dauphine, Purple Yordan, Brown Turki, Khurtmani, LSU Gold, Conadria, LSU Purple, Negrone, Panache, dan Martinenca Rimada

Buah tin atau buah ara ini kaya akan kandungan vitamin dan mineral termasuk kalsium, magnesium, potassium dan mangan. buah tin dapat dikonsumsi secara langsung maunpun sebagai olahan makanan dan dapat dikombinasikan dengan bahan makanan lainnya.

Menurut data dari PBB yang bergerak di bidangan pangan yakni FAO, dari hasil panen 1,1 juta ton buah tin diseluruh dunia dipanen dari laus 376,186 hektar. turki dan mesir lah yang bersama-sama menyumbang sekitar 40% dari total tersebut dan di ikuti negara-negara seperti Aljazair, Iran dan Maroko, sedangkan AS menempati urutan ke tujuh sebagai penghasil buah tin diseluruh dunia.

Berdasarkan pada tradisi masyarakat bahwa buah tin dipercaya baik untuk pencernaan, brokitis, eksim, kolesterol tinggi, gula darah dan berbagai penyakit kulit. namun buah tin juga mempunyai manfaat sebagai antioksidan, kanker dan menghentikan pendarahan. dari semua manfaat tersebut tadi masih perlu di teliti lebih lanjut untuk membuktikannya secara ilmiah.

No comments

Post a Comment