Saturday, December 24, 2016

Pengamatan hama dan penyakit sangat penting, mengapa?

Dalam teknik budidaya sangat diperlukannyatentang pengamatan hama dan penyakit, baik dalam budidaya padi maupun budidaya palawija. pengamat... thumbnail 1 summary

Dalam teknik budidaya sangat diperlukannyatentang pengamatan hama dan penyakit, baik dalam budidaya padi maupun budidaya palawija. pengamatan hama dan penyakit sangat penting, mengapa demikian? dengan dilakukan pengamaan kita dapat mengetahui hama dan penyakit apa yang menyerang tanaman dan kita bisa mencegahnya secara dini.

Pentingnya pengamatan
Dalam pencegahan hama dan penyakit terlebih dulu kita melakukan pengamatan dilapangan, baik secar random atau di sisir dibeberapa bagian. dengan demikian bisa diketahui kendala dalam budidaya, baik kendala masalah hama maupun penyakit yang menyerang.

Sebenarnya dalam teknik budidaya, pengamatan tidak hanya bergerak dalam lingkup hama dan penyakit saja, ada beberapa pengamatan yang dirasa penting dalam budidaya tanaman padi maupun tanaman palawija adalah sebagai berikut,

1. Pengamatan Hama dan Penyakit

Seperti telah dijelaskan di atas, pengamatan hama dan penyakit ini sangat diperlukan untuk mengetahui hama apa yang menyerang pada saat itu, sehingga bisa dilakukan pencegahan secara dini dan intensif.

2. Pengamatan Air

Pengamatan air ini meliputi, pengamatan debit air dan pengamatan saluran-saluran air. pengamatan ini bertujuan mengetahui ketersediaan air untuk area budidaya dan memeriksa salruan-saluran irigasi, seperti mencegah tersumbat nya saluran irigasi, terjadi kebocoran irigasi dan memeriksa pintu air bisa berjalan normal atau sebaliknya.

3. Pengamatan tanaman

Pengamatan tanaman bertujuan untuk mengetahui perkembangan tanaman, baik pengamatan secara tinggi tanaman, Jumlah anakan maupun pengamatan untuk memeriksa tanaman yang rusak atau roboh.

4. Pengamatan kebutuhan pupuk

Pengamatan kebutuhan pupuk bisa dengan mengukur warna hijau pada daun dengan menggunakan alat yang disebut dengan  BWD atau singkatan dari Bagan warna daun.

Demikian pentingnya pengamatan dilapangan, diharapkan kita bisa mengantisifasi kendala-kendala dilapangan dengan dilakukannya pencegahan secara dini.

No comments

Post a Comment